Sekda Ikuti Rapat Konsultasi dan Evaluasi Pelaksanaan Dukungan Teknis Program SKALA di Aceh

Penjabat Sekretaris Daerah Aceh, Azwardi AP, M.Si.,membuka pertemuan Komite Program Provinsi dan Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Tahunan AIP-SKALA dan Pemerintah Aceh tahun 2024-2025, di Hermes Palace Hotel, Kamis, 16 Mei 2024. (Foto/ Humas Aceh)

BANDA ACEH, KABARACEHONLINE.COM: Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Aceh Azwardi mengikuti Rapat Konsultasi dan Evaluasi Pelaksanaan Dukungan Teknis Program SKALA di Aceh Tahun 2023/2024 dan Penyusunan Rencana Kerja Program AIP-SKALA 2024/2025, di Hotel Hermes Banda Aceh, Kamis, 16 Mei 2024.

Berdasarkan pedoman tatalaksana program SKALA, rapat Komite Teknis dan Pokja perlu dilakukan sekurang-kurangnya 2 kali setahun, baik itu di tingkat pusat maupun di daerah.

“Pada Rapat ini kita melaksanakan monitoring, maupun evaluasi terhadap pelaksanaan program. Semoga dari rapat ini akan semakin menguatkan komitmen dan semangat kita untuk peningkatan layanan publik di Aceh,” kata Azwardi dalam sambutannya saat pembukaan rapat.

Azwardi mengatakan, implementasi Program SKALA di Aceh, secara efektif telah dimulai sejak Juli 2023, yang diawali dengan sosialisasi dan penyusunan rencana kerja tahunan untuk Periode 2023/2024.

Dalam periode rencana kerja tahunan Program SKALA (Juli 2023 –Juni 2024) berbagai dukungan teknis melalui pelaksanaan kegiatan telah difasilitasi. Dukungan itu fokus pada area pengelonaan keuangan publik, termasuk perencanaan, penerapan Standar Pelayanan Minimal, perbaikan tatakelola data dan analisis serta perbaikan regulasi terhadap peran dan partisipasi untuk pemenuhan kebutuhan layanan dasar, melalui pengarusutamaan GEDSI (Gender Equality Disability dan Social Inclusion).

“Semua implementasi program tersebut, selain mengacu kepada rencana kerja tahunan, juga selaras dengan prioritas program di Pemerintah Daerah maupun Kementerian. Dan sebagaimana layaknya sebuah program, tentu diperlukan evaluasi dan pendalaman dalam rangka meningkatkan capaian program SKALA ini di masa mendatang,” sebut Azwardi.

Konsultasi dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan program SKALA di Aceh memiliki sejumlah tujuan, antara lain menginformasikan ringkasan kemajuan dan tantangan implementasi program SKALA periode Januari-Mei 2024 di Aceh, hingga membuat prioritas rencana kerja program SKALA periode Juli – Desember 2024 dan Januari – Juni 2025.

Selain itu juga bertujuan untuk mendiskusikan rekomendasi tindak lanjut dan menginformasikan persiapan proses penyusunan Berita Acara Serah Terima (BAST) TA 2023/2024.

Setidaknya ada dua hal yang ingin dicapai melalui rapat kali ini, yaitu, pertama, Komite Program Provinsi Aceh mendapatkan informasi yang memadai tentang implementasi Program SKALA di Aceh Periode Januari – Mei 2024, dan kedua, tersedianya kesepakatan terhadap rencana kerja Program SKALA 2024/2025 di Aceh, yang akan direkomendasikan dan disampaikan pada Rapat POKJA, khususnya prioritas kegiatan di periode Juli-Desember 2024 dan Januari–Juni 2025.

Rapat konsultasi dan evaluasi tersebut diikuti pihak Human Development Section Australian Embassy-DFAT, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, Bappenas, pihak Kementerian Dalam Negeri hingga Satuan Kerja Perangkat Aceh terkait. []

Related posts