Perbankan di Aceh Berhasil Dukung Kelancaran Transaksi Keuangan Selama PON XXI Aceh-Sumut

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH

BANDA ACEH, KABARACEHONLINE.COM: Dari sumber yang terpercaya berbagai data yang dihimpun media ini, perbankan di Aceh dinilai cukup berhasil bersinergi dan berkolaborasi mendukung Pemerintah Aceh menyukseskan kelancaran transaksi keuangan selama gelaran PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024.

Dari data tersebut, belum ada laporan yang cukup berarti terhadap keluhan masyarakat maupu kontingen PON XXI Aceh-Sumut, terkait layanan perbankan di Aceh.

Begitu juga terhadap permasalahan yang signifikan akan isu serta pengaduan, terkait layanan dan penyediaan uang tunai oleh Perbankan di Aceh selama PON XXI Aceh-Sumut.

Hal ini sesuai dengan data transaksi tanggal 1 s.d. 19 September 2024, diketahui adanya volume transaksi yang cukup besar dengan total Transaksi Tunai. Penarikan Tunai via ATM/CRM Rp2,31 triliun dan Teller Rp6,34 triliun. (Total Tarik Tunai Rp8,65 triliun), sedang setoran tunai via ATM/CRM dan Teller berkisar Rp7,96 triliun.

Selain transaksi tunai, transaksi keuangan melalui elektronik/digital, juga tercatat cukup tinggi dengan total transaksi sbb:

Electronic Data Capture (EDC) mencapai Rp15,45miliar. Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) mencapai Rp65,58 miliar.

Selanjutnya, kehadiran “Agen Laku Pandai Perbankan”, di wilayah kecamatan dan desa/gampong di seluruh daerah Aceh juga memberikan kontribusi transaksi yang cukup tinggi.  Dimana total transaksi setor tunai melalui Agen Laku Pandai, mencapai Rp1,69 triliun.

“Distribusi transaksi pada rentang waktu, pra-pembukaan PON (1 s.d. 8 Sep2024), pembukaan PON (9 Sep 2024), dan pasca-pembukaan PON (10 s.d. 19 Sep 2024) relatif merata dan baik,” ungkap sumber tersebut, sesuai yang dihimpunnya dari Bappeda dan OJK Aceh. (Abdul Manaf)

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI