Bappeda Banda Aceh Gelar Forum OPD

  • Whatsapp
filename - kabaracehonline.com
Bappeda Banda Aceh menggelar forum OPD

KABARACEH, BANDA  ACEH:  Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Banda Aceh Tahun 2021, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Banda Aceh menyelenggarakan Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah di Kota Banda Aceh.

Kepala Bappeda Kota Banda Aceh Weri, SE, MA melalui Kepala Bidang Penelitian/Pengembangan, Pengendalian Program dan Evaluasi, Rahmatsyah Alam, ST. M.Si menyatakan bahwa forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ini adalah hasil lanjutan dari musrenbang tingkat kecamatan.

“Setelah beberapa lalu kita laksanakan musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan, hasilnya ditindaklanjuti oleh setiap SKPD. Jadi sekarang SKPD membahas usulan yang diusulkan dari musrenbang kecamatan sekaligus memaparkan Rencana Kerja masing masing SKPD,”ujar Rahmatsyah di sela-sela kegiatan yang hari ke -2 nya berlangsung di Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan, yang di Moderatori oleh Sekretaris Bappeda Kota Banda Aceh Ibu Nila Herawati, SE.M.Si, Kamis,(12/3/20)

Forum ini, kata Rahmat, sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendali dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintaha Daerah pasal 117.

Kegiatan yang dilaksanakan selama enam (6) hari ini bertujuan untuk mensingkronisasikan usulan dari musrenbang kecamatan dengan program yang ada di SKPD. “Di sinilah dimusyawarahkan antar SKPD agar tidak terjadi tumpang tindih antara SKPD yang ada di Kota Banda Aceh, juga sebagai sinkronisasi antar SKPD untuk pelaksanaan Program dan Kegiatan yang saling mendukung untuk kesuksesan capaian target sasaran pembangunan di Kota,”jelasnya.

Selain itu, tujuan dari forum lintas sektoral ini, lanjut Rahmat, juga untuk menyampaikan informasi kepada publik dan dukungan masukan dan pertimbangan dari berbagai komponen Masyarakat. Maka dari itu kita juga mengundang para stakeholder terkait untuk memberikan masukan yang dapat mendukung penyempurnaan rancangan kerja SKPD.

Selanjutnya, hasil dari musyawarah forum OPD ini akan dibawa ke level yang lebih tinggi yaitu musrenbang tingkat kota, yang nantinya akan menjadi Rancangan RKPD Kota Banda Aceh Tahun 2021, “baru tahun ini penyelenggaraan Forum OPD di Kota Banda Aceh diadakan langsung di setiap OPD/SKPD, yang tahun lalu Forum OPD diadakan di Bappeda, mudah mudahan kegiatan ini berjalan lancar”

Forum OPD hari ini turut menghadirkan perwakilan dari Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan, Dinas Tenaga Kerja, DPMG serta stakeholder lainnya. Sebelumnya, pada Rabu,(11/3/20) forum OPD dilaksanakan di DLHK3 dengan menghadirkan perwakilan dari Dinas Pariwisata, DP2KP dan DLHK3 serta berbagai Stakeholder yang terkait. (RED)

  • Whatsapp

Related posts