Dispersip Laksanakan Penguatan Literasi Gampong Gemilang

  • Whatsapp
filename - kabaracehonline.com
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kota Banda Aceh

KABARACEHONLINE, BANDA ACEH: Dalam meningkatkan minat dan budaya baca kepada masyarakat, Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kota Banda Aceh melakukan pendampingan dan pembinaan bagi perpustakaan di setiap gampong dalam wilayah Kota Banda Aceh.

Pembinaan dan pengembangan yang dilakukan Dispersip dalam beberapa waktu terakhir ini yakni pada Pustaka Gampong Lampaseh Kota Kecamatan Kuta Raja, yang berlokasi di kawasan Masjid Bani Salim Gampong Lampaseh.

Kepala Dispersip melalui Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh Amir Syarifuddin S.Pi mengatakan bahwa pembinaan dan koordinasi langsung dengan keuchik setempat untuk mengoptimalisasi pemanfaatan perpustakaan  gampong oleh masyarakat.

Keuchik gampong Lampaseh Kota H. Masri Gade mengatakan, letak perpustakaan gampong yang tidak strategis mengakibatkan perpustakaan  gampong jarang dimanfaatkan oleh masyarakat, sehingga perlu dicarikan solusi untuk meningkatkan minat baca warga.

“Pustaka gampong Lampaseh Kota awalnya berlokasi di belakang mesjid dan saat ini telah dipindahkan ke samping mesjid,” kata Masri Gade.

“Beberapa waktu yang lalu, sudah dilaksanakan juga koordinasi dengan aparat Gampong Lampaseh Kota untuk pemindahan dan renovasi pustaka gampong, dan Alhamdulillah saat ini telah terealisasi”, tambah Masri Gade.

Perangkat gampong dan keuchik sudah menyahuti himbauan sebelumnya, hasilnya saat ini pustaka telah direnovasi dari bangunan lama yang awalnya berbentuk rumah bantuan, menjadi pustaka gampong yang diberi nama Pustaka Cahaya Ilmu.

Selain merenovasi pustaka, pihak gampong juga telah menyediakan rak dan beberapa koleksi, baik koleksi pengadaan baru maupun koleksi dari pindahan pustaka yang lama.

“Alhamdulillah, pustaka ini menjadi lebih baik dari sebelumnya dan dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat, khususnya santri Taman Pendidikan Quran (TPQ) di mesjid Bani Salim. Selain dimanfaatkan langsung oleh para santri, perpustakaan juga dimanfaatkan oleh orang tua santri saat menunggu anaknya selesai belajar.  Inilah tujuan utama Dispersip dan pemerintah Gampong,” jelas Amir saat dikonfirmasi Kamis, 9/7/2020.

Dispersip akan  mendampingi untuk penguatan administrasi maupun kelembagaan dari pustaka tersebut dan tidak menutup kemungkinan untuk menukar-tambah koleksi yang ada di perustakaan gampong tersebut.

“Kami sangat berharap pustaka Gampong Lampaseh kota ini bisa menjadi salah satu pustaka yang akan mewakili Kota Banda Aceh di ajang perlombaan pustaka tingkat provinsi maupun tingkat nasional,” tutupnya.(RED)

  • Whatsapp

Related posts