Probable Covid-19, Gadis 11 Tahun Meninggal Dunia

KABAR ACEH, REDELONG- Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bener Meriah kembali melakukan prosesi pemakaman jenazah secara protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, Rabu 18 November 2020.

Seorang anak perempuan berinisial FN berusia 11 tahun warga Kecamatan Permata dinyatakan meninggal dunia setelah terkonfirmasi positif Covid-19.

Read More

Kronologinya, dijelaskan Ketua Bidang Penanganan Covid-19 Bener Meriah, dr Sri Tabahati melalui Jubir Khalisuddin bahwa pasien dirujuk ke RSUD Munyang Kute Redelong pada 9 November 2020 dengan keluhan diare.

Setelah dirawat beberapa hari, hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan gejala khas dan dinyatakan sebagai probable covid-19.

Pada 12 November 2020 perawatan pasien dilanjutkan di RSUD Datu Beru Takengon. Dan pada 16 November 2029 hasil tes Swab PCR dikonfirmasi positif Covid-19.

Selanjutnya pasien dirujuk ke RSU Zainoel Abidin, tanggal 17 November 2020 pukul 05.45 tiba di RSU
Zainoel Abidin Banda Aceh.

Setelah dilakukan pemeriksaan dan perawatan, pasien dinyatakan meninggal pada tanggal 17 November 2020 pukul 19.45 Wib.

“Sesuai dengan protokol penanganan pasien Covid-19, pemulasaran jenazah dilaksanakan di RSU Zainoel Abidin Banda Aceh. Selanjutnya pemakaman dilaksanakan Rabu pagi sesuai prosedur kesehatan
dikoordinir Plt Kalaksa BPBD Bener Meriah, Camat, jajaran Puskesmas dan aparat kampung setempat di Kecamatan Permata,” ungkap Jubir Penanganan Covid-19 Bener Meriah Khalisuddin.

Sebagai upaya penangangan dan pencegahan covid-19 khususnya di kabupaten Bener Meriah, lanjut Jubir ini, jajaran Satgas dikoordinir tim Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah akan melakukan tracing dan tracking terhadap kontak erat almarhumah FN.

“Tim Satgas Covid-19 Bener Meriah menyampaikan duka mendalam atas musibah ini dan mengapresiasi orang tua dan keluarga almarhumah atas kesediaan keluarga mengikuti prosedur penanganan covid-19 dalam penanganan jenazah almarhumah, serta kerjasama yang baik dalam proses tracing dan tracking,” kata Khalisuddin.

Sementara untuk data terkini yang diperoleh dari Bidang Data dan Informasi Covid-19 Bener Meriah dirincikan, Suspect sebanyak 97 orang, selesai pemantauan 92 orang, dalam pemantauan 1 orang dan dalam perawatan sebanyak 4 orang.

Berikutnya untuk status Probable sebanyak 28 orang, selesai pemantauan 21 orang, dalam pemantauan 2 orang, meninggal dunia 3 orang dan dirawat sebanyak 2 orang.

Terakhir, angka Positif Covid-19 sebanyak 159, dinyatakan sembuh 120 orang, meninggal dunia 8 orang, isolasi mandiri 28 orang dan dalam perawatan sebanyak 4 orang.

“Kita berharap semua pihak tidak lengah atas trend penurunan angka penyebaran Covid-19, mari bersama-sama saling mengingatkan untuk menerapkan Protokol Kesehatan,” imbau Jubir Khalisuddin menutup keterangan persnya.(Rel/El)

Related posts