110 Guru Ikut Uji Kompetensi di UIN Ar-Raniry

filename - kabaracehonline.com
Uji Pengetahuan Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UP-UKMPPG) dalam Jabatan Tahun 2020

KABARACEH, BANDA ACEH: Sebanyak 110 orang peserta program Pendidikan Profesi Guru (PPG) mengikuti ujian Uji Pengetahuan Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UP-UKMPPG) dalam Jabatan Tahun 2020 yang diselenggarakan serentak secara nasional menggunakan sistem Computer Based Test (CBT).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry berlangsung selama 1 (satu) hari, Sabtu (12/12/2020) yang dipusatkan di Laboratorium Komputer di lingkungan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Ketua PPG UIN Ar-Raniry, Dr Masbur SAg MAg mengatakan bahwa pada tahun ini Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh kembali dipercayakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Agama (Kemenag) RI menjadi pelaksana Uji Kompetensi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan Tahun 2020.

“Peserta yang mengikuti UP UKMPPG dalam jabatan tahun 2020 yang terdaftar sebanyak 114 orang. Namun yang mengikuti uji kompetensi sebanyak 110 orang, karena ada 1 orang yang meninggal dunia, sakit 1 orang dan 2 orang tidak mendaftar”,kata Masbur yang juga sebagai Wakil Dekan II FTK UIN Ar-Raniry disela-sela kegiatan UP-UKMPPG, Sabtu (12/12).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa peserta program Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang mengikuti ujian Uji Pengetahuan Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UP-UKMPPG) dalam Jabatan Tahun 2020 terdiri dari guru mata pelajaran (Mapel) agama Islam, seperti Aqidah Akhlak, Fiqih, Quran Hadits, Bahasa Arab, Sejarah Kebudayaan Islam, Guru Kelas PGMI dan Guru PAI untuk sekolah umum.

“Selain peserta yang berasal dari kabupaten/kota di Aceh, terdapat juga sebagian peserta dari provinsi sumatera utara, bengkulu, sumatera barat dan maluku”,kata Masbur.

Sementara itu, Penyelia dari Kemendikbud dan Kemenag RI, Dr Siti Fatimah MPd mengatakan bahwa pelaksanaan ujian Uji Pengetahuan Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UP-UKMPPG) di kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh berjalan lancar tanpa kendala yang berarti dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan serta sesuai prosedur yang berlaku.

Ia juga memberi apresiasi dan menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam menyukseskan UP-UKMPPG periode 6 Tahun 2020.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry, Dr Muslim Razali SH MAg bersama Penyelia dari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Dr Siti Fatimah MPd, Wakil Dekan I FTK UIN Ar-Raniry, Dr M Chalis MAg, Wakil Dekan II FTK UIN Ar-Raniry, Dr Masbur SAg MAg dan KTU FTK UIN Ar-Raniry, Suparmansyah SAg untuk memantau secara langsung proses pelaksanaan ujian tersebut. (RD)

Related posts

l