Refleksi 16 Tahun Bener Meriah, Bupati Sarkawi: Banyak Usaha Telah Dilakukan untuk Lebih Maju

  • Whatsapp
filename - kabaracehonline.com
Bupati Bener Meriah, Tgk. H Sarkawi

KABARACEH, REDELONG: Kabupaten Bener Meriah, kini genap berusia 16 tahun semenjak dimekarkan dari Kabupaten induk Aceh Tengah. Seperti bayi yang berlahan-lahan beranjak dewasa, daerah penghasil kopi ini terus berusaha “merangkak” dan berusaha untuk sejajar dengan kabupaten daerah lain.

Tak seperti tahun tahun-tahun sebelumnya, peringatan  HUT Kabupaten Bener Meriah ini tak sesemarak tahun sebelumnya, akibat Pandemi Covid-19. Tak ada rangkaian kegiatan untuk memeriahkan hari jadi Kabupaten penghasil kopi ini.

Read More

Upacara HUT Bener Meriah tahun ini  di isi dengan pemberian santuan kepada anak yatim dan piatu, selain itu para petugas dan peserta upacara mengenakan seragam atau baju adat Kerawang Gayo.

“Selain itu pada tahun ini pelaksanaan HUT Kabupaten Bener Meriah sedikit berbeda, karena dilaksanakan pada Tanggal 18 Desember 2020. Sesuai dengan undang-undang No.41 Tahun 2003 Tanggal 18 Desember 2003, tentang pembentukan Kabupaten Bener Meriah,”ucap Tgk. H. Sarkawi.

Lebih jauh disampaikan Bupati, peringatan hari ulang tahun Kabupaten Bener Meriah ini adalah sebagai tanda tetap setia dan bersyukur atas rahmat ALLAH SWT, bahwa Kabupaten Bener Meriah dapat berdiri sendiri, mengepakan sayap untuk bisa terbang tinggi dan berlari cepat untuk dapat mengapai tujuan yaitu Negeri yang Islami, Harmoni, Maju, dan Sejahtera.

“Oleh sebab itu, pada upacara yang istimewa ini, izinkan kami menyampaikan ucapan terimakasih terutama kepada para pejuang pembentukan Kabupaten Bener Meriah. Perjuangan tersebut tentu dilakukan dengan tetesan keringat, kerja keras tanpa kenal lelah demi terwujudnya Kabupaten tercinta ini”kata Sarkawi.

Bupati Bener Meriah ini, menyampaikan ucapan terima kasih  kepada pemimpin-pemimpin yang pernah berjasa menahkodai Kabupaten Bener Meriah hingga kini genap berusia 16 tahun saat ini.

“Diawali oleh Bapak Husri Bahri Tob sebagai pemimpin yang bertangan dingin meletakan dasar-dasar pemerintahan, Bapak M. Saat Isa yang bijaksana menata ruang penempatan lokasi perkantoran yang sekarang kita duduki”ungkapnya.

“Begitu juga kepada bapak Ruslan Abdul Gani sebagai pejabat Bupati yang menyegerakan menempati kantor baru di Serule Kayu, padahal saat itu keadaannya masih serba kekurangan, Bapak Tagore Abubakar bersama Wakilnya Bapak Sirwandi  Laut Tawar yang selama 5 tahun memimpin, tentunya telah banyak meninggalkan kenangan terutama dalam membangun kelengkapan perkantoran dan infrastruktur lainnya”ujarnya.

“Kepada Bapak T. Islah yang telah menciptakan suasana sejuk menjelang estafet kepemimpinan berikutnya. Bapak Ruslan Abdul Gani beserta Bapak Rusli M. Saleh yang telah melanjutkan pembangunan di Bener Meriah, Bapak Hasanuddin Darjo yang telah dipercayakan memegang tampuk kepemimpinan sebelum Pilkada. Bapak Ahmadi yang telah ikut serta membangun Kabupaten Bener Meriah,”ucap Bupati Bener Meriah ini.

” Sekarang adalah giliran kita sebagai pengemban amanat rakyat beserta seluruh komponen  masyarakat di daerah ini. Karena itu sebagai momentum hari jadi ke-16 Kabupaten Bener Meriah, kiranya akan semakin memantapkan dan meningkatkan serta memperkokoh tekad semangat juang untuk membangun Kabupaten Bener Meriah dengan harapan dapat lebih maju dan sejajar dengan daerah-daerah lain yang ada di Nusantara”harap Sarkawi.

Ia menyebutkan telah banyak usaha yang telah dilakukan dalam mewujudkan Kabupaten Bener Meriah menjadi lebih maju antara lain: Mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan atas keberhasilan menyusun laporan keuangan, enam kali berturut-turut.

Begitu juga penghargaan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dengan predikat B.  Penghargaan atas capaian metode kontrasepsi jangka panjang tertingi se-Aceh yang dicapai Bener Meriah.

Tak hanya itu, sebutnya Bener Meriah juga telah meraih penghargaan atas penekanan angka stunting tingkat Provinsi. Pembangunan destinasi parawisata dan perbaikan tribun pacu kuda sehingga semakin nyaman digunakan oleh pengunjung.

Begitu juga  peningkatan pembangunan Rumah Sakit Muyang Kute, terutama di segi kelengkapan alat-alat kesehatan agar warga Bener Meriah yang sakit tidak perlu lagi berobat keluar daerah.

Tak hanya itu, Bener Meriah, ujar Sarkawi, mendapatkan nominasi 5 besar damaran baru ECO Village sebagai ekowisata terpopuler dan tugu Radio Rimba Raya di ajang anugerah pesona  Indonesia. dan  pembagian bantuan program kartu petani mulia kepada para petani.

“Untuk  ECO Village sebagai ekowisata terpopuler dan tugu Radio Rimba Raya di ajang anugerah pesona  Indonesia mari kita dukung bersama dengan voting sebanyak-banyaknya, semoga Damaran Ecovillage  dan tugu Tadio Rimba Raya menjadi pemenang.

Selanjutnya dipenghujung tahun 2020 ini kami ingin mengajak segenap komponen masyarakat untuk selalu patuh pada protokol kesehatan. Terus bangkit dan bekerja lebih giat lagi dengan meningkatkan partisipasi pembangunan. (REL)

Related posts