Dinas Kominfo Bener Meriah Sosialisasi Penerapan Aplikasi Srikandi dan Tanda Tangan Elektronik

  • Whatsapp
filename - kabaracehonline.com

KABARACEH, REDELONG: Sekretaris Daerah (Sekda) Drs.Haili Yoga,M.Si didampingi oleh Asisten III Armansyah, SE,M.Si menghadiri Rapat Sosialisasi dan Persiapan Penerapan Aplikasi Srikandi (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi) yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Bener Meriah bertempat di ruang Media Center, Rabu,1/7/2021.

Rapat Sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Kadis Kominfo Ilham Abdi, S.STP, M.AP yang diampingi Sekretaris Riska Kadisa, S.Kom beserta para Kabid di lingkungan Diskominfo.

Read More

Kadis Kominfo Ilham Abdi, S.STP,M.AP menjelaskan bahwa program aplikasi Srikandi berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) No. 103/2001, Kepres 95/2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang dijabarkan dalam Kepmenpan dan RB No. 679/2020 tentang aplikasi umum bidang kersipan dinamis. “Di beberapa daerah sudah banyak diterapkan,” kata Kadis Kominfo Ilham Abdi.


Ilham Abdi, S.STP, M.AP memaparkan perbandingan antara aplikasi terdahulu yaitu SIKD dengan Srikandi versi 1,0. Secara infrastruktur, Srikandi tidak perlu menyiapkan server.

“Sedangkan mengenai tanda tangan elektronik (digital), kalau SIKD itu belum terintegrasi sedangkan dengan Srikandi sudah terintegrasi dengan tanda tangan elektronik dan tersertifikasi oleh Badan Siber Sandi Negara (BSSN). Untuk fiturnya ada registrasi, ada penomoran, naskah dinas, distribusi dan disposisi, Pemberkasan dan lainnya,” jelasnya.

Ditambahkan oleh Kadis Kominfo, di Aceh belum ada penerapan aplikasi Srikandi. “Tapi karena Kabupaten Bener Meriah ini cukup serius,maka pusat langsung mengasi adminnya ke kita,” ungkapnya.

Sementara Sekda Drs. Haili Yoga, M.Si dalam rapat tersebut mengatakan bahwa aplikasi Srikandi sangat bagus sekali guna merapikan pekerjaan secara sistematis dan otomatis. “Tapi semua kita harus memahami (mekanisme kerja aplikasinya). Yang terpenting adalah implementasinya. Karena ini adalah program yang sangat bagus bahkan teramat bagus, sekali lagi semua tergantung kita,” kata Sekda. Ia melanjutkan akan mencoba secara bertahap dan akan mengunjungi daerah mana yang sudah menerapkannya.

Dtambahkan oleh Sekda, gairah digital sekarang ini, dengan perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat dan masif telah membawa dampak begitu besar di berbagai sendi kehidupan utamanya di lingkungan pemerintahan.

“Saya berharap, melalui perubahan ini kita dituntut untuk menata mengenai tata kelola pemerintahan serta pelayanan publik untuk terus beradaptasi dengan menggunakan pendekatan teknologi informasi dan komunikasi, termasuk dalam hal tata kelola kearsipan seperti yang kita lakukan hari ini,” terang Sekda Drs. Haili Yoga, M.Si.

Terakhir Sekda menandaskan bahwa tata kelola kearsipan mau tidak mau harus terus mengikuti perkembangan zaman dan melakukan perubahan, utamanya dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, terutama Dinas Arsip.

“Tanpa adanya kesadaran dalam mengelola arsip dengan baik, maka kita akan mengalami banyak hambatan dan kesulitan dikemudian hari dan juga dalam melaksanakan tugas sehari-hari”, pungkas Sekda Drs. Haili Yoga, M.Si

Acara tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Arsip Dra. Suryani, Kabag Organisasi Ridha Ma’ruf, S.KM, Kasubag Kinerja dan Kinerja dan RB, Kasubag Dokumentasi pada Bagian Hukum Muldayani.B, Kasubag Protokol Teguh Wan Pribadi, S.STP serta pejabat lainnya. (REL)

Related posts