Warga Rutan Kelas IIB Bener Meriah Skrining HIV dan TBC

filename - kabaracehonline.com

KABARACEH, REDELONG: Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah melakukan kegiatan Skirining Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Tuberkulosis (TBC) terhadap 239 warga binaan Rumah Tahanan(Rutan) Kelas IIB Kabupaten Bener Meriah, dalam rangkan deteksi dini untuk kedua penyakit tersebut dilapangan Rutan setempat, Selasa (05/07/202).

Di sela kegiatan itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah Abdul Muis, SE, MT didampingi oleh Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Gazali, S.KM, Kepala Rumah Tahanan Baharuddin, SH beserta staf, Sekretaris Korpri Safaruddin, S.KM, M.Si, menyampaikan, tujuan skrining adalah untuk mendetksi atau mengetahui sedini mungkin, apabila ada diantara warga binaan ini yang terkena penyakit seperti HIV dan TBC.

“Kita dapat melakukan pencegahan dan penanganan sesegera mungkin, dan kegiatan ini memang sudah dilaksanakan secara berkala,” jelasnya.

“Jadi tujuan kita melakukan skrining adalah untuk mengetahui potensi atau gangguan kesehatan pada seseorang, khususnya bagi warga binaan Rutan Kelas IIB Bener Meriah, kalau senadainya ada , kita dapat melakukan pencegahan dan penanganan sesegera mungkin,” ungkap Abdul Muis, SE, MT.

Menurut Abdul Muis, SE, MT, HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang dapat melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit. Sedangkan TBC adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis biasanya menyerang paru-paru, namun tidak jarang pula bakteri dapat memengaruhi bagian tubuh lainnya.

“Oleh sebab itu kita dari Dinkes bekerjasama dengan Rutan kelas IIB melakukan skrining terutama kedua penyakit terebut yang dilakukan secara berkala, sekaligus untuk menjamin semua warga binaan dalam kondisi sehat,” ujarnya.

Sementara Kepala Rutan Kelas IIB Bener Meriah menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah beserta jajaran atas kerjasamanya dalam rangka pemantauan kesehetan khususnya kepada warga binaan Rutan kelas IIB Bener Meriah ini.

“Terimakasih kepad Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah beserta seluruh jajarannya atas apa yang sudah dilakukan kepada warga binaan Rutan kelas IIB Bener Meriah, mudah – mudahan kita semua berada dalam keadaan sehat – wal’afiat dan berada dalam lindungan Allah SWT, Amiin,” ungkap Baharuddin, SH.

Kegiatan itu juga menurunkan para dokter dan Nakes, unsur TNI/Polri serta pejabat terkait lainnya. (REL).

Related posts