Musabaqah Pawai Takbir Malam Idul Adha 1443 H di Kota Sabang Berlangsung Semarak

filename - kabaracehonline.com

KABARACEH, SABANG: Pemerintah Kota Sabang melalui Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kota Sabang bekerjasama dengan PHBI (Panitia Hari-Hari Besar Islam) kembali melaksanakan Musabaqah Pawai Takbir Idul Adha 1443 H/2022 M se-Kota Sabang, yang sempat ditiadakan karena pandemi Covid-19.

Musabaqah pawai takbir malam Idul Adha 1443 Hijriah di Kota Sabang berlangsung semarak. Dengan mengumandangkan takbir, pawai ini dimeriahkan 40 grup mobil hias dan disaksikan dengan antusias oleh masyarakat Sabang.

Diawali dengan pemukulan beduk sebagai gema Idul Adha 1443 Hijriah, musabaqah pawai takbir ini dilepas Wali Kota Sabang yang diwakili Sekretaris Daerah Kota, Drs. Zakaria MM, di Taman Wisata Sabang Fair Kota Sabang, Sabtu (9/7) malam.

Sekretaris Daerah Kota, Drs. Zakaria MM mengatakan kegiatan ini memiliki nilai tersendiri bagi masyarakat dan merupakan kegiatan rutin yang sudah berlangsung sejak 2008 lalu, dalam menyemarakkan hari besar Islam yang diselenggarakan setiap malam hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

“Namun kegiatan ini sempat terhenti pada tahun 2020 dan 2021 karena pandemi Covid-19. Malam ini tentunya memiliki nilai yang berbeda, kita bisa melihat antusias yang sangat besar dari masyarakat yang memadati lokasi pelepasan peserta takbir maupun di pinggir jalan sepanjang rute takbiran ini,” kata Drs. Zakaria MM.

Sekda Kota Sabang menambahkan, kegiatan ini akan terus dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur dan dilaksanakan dengan mengagungkan takbir sebagai tanda ketakwaan kepada Allah SWT. Kegiatan ini juga dapat memperkuat tali silaturahmi dan meningkatkan persaudaraan bagi masyarakat Kota Sabang.

Pada Musabaqah Pawai Takbir Idul Adha 1443 H/2022 M se-Kota Sabang ini, dewan juri menilai tajwid, fashahah, suara dan lagu/irama, adab dan keseragaman pakaian, kekompakan peserta/keserasian, serta hiasan/dekorasi dan penerangan lampu kendaraan/mobil. Jika dalam garis besar penilaian terhadap dua kategori yakni takbiran dan dekorasi.

Pada kategori takbiran, juara satu diraih Grup Likee Masyuba Balohan (30), Nurul Huda (26) ditempat kedua dan Ie Meulee 2 (37) sebagai juara III. Dilanjutkan dengan juara harapan I diraih Ie Meulee 1 (34), Balee Intan Batee Shok (06) harapan II, dan Muhammadan Kuta Barat sebagai harapan III (15).

Sementara pada kategori dekorasi, juara I diraih Babul Iman Kuta Barat (07), juara II Bale Beut Sahaja (29), dan juara III Muhammadan Kuta Barat. Kemudian, juara harapan I diraih Pemuda Cot Dama (38), Balee Intan Batee Shok (06) harapan II, dan juara harapan III diraih Muhajirin Bay Pass (39). (REL)

Related posts

l