Wakil Wali Kota Sabang Sambut Kepulangan Jamaah Haji

filename - kabaracehonline.com

KABARACEH, SABANG: Pemerintah Kota Sabang menyambut kedatangan para jamaah haji Sabang Tahun 1443 H/2022 M yang ditandai dengan acara Peusijuk, bertempat di Masjid Agung Babussalam, Rabu (27/7).

Wakil Wali Kota Sabang, Drs. H. Suradji Junus mengatakan sangat bersyukur, tahun ini calon jemaah haji Kota Sabang masih diberikan kesempatan untuk bisa menunaikan ibadah haji hingga kembali pulang dengan selamat dan sehat walafiat, meski dengan jumlah atau kuota yang terbatas.

“Alhamdulillah tahun ini ada 19 jamaah haji Kota Sabang yang berangkat dan telah kembali pulang dengan selamat dan dalam kondisi yang sehat. Meski hanya diberikan 19 kuota dari 1056 calon haji yang sudah mendaftar, ini sudah lumayan baik di kala kondisi pasca pandemi Covid-19 seperti sekarang ini,” kata Wakil Wali Kota Sabang, Drs. H. Suradji Junus.

Wakil Wali Kota Sabang berharap tahun depan akan ada perubahan lanjutan oleh Pemerintah Arab Saudi, sehingga jamaah haji Kota Sabang yang berangkat bisa lebih banyak lagi dari saat ini dan tidak dibatasi usia hanya 65 tahun, tapi bisa sampai usia 70 tahun.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sabang, Drs. H. Muklis M. Pd menjelaskan tahun ini merupakan tahun awal dari jamaah haji Indonesia dan jemaah haji dunia setelah pasca pandemi Covid-19 kembali melaksanakan ibadah haji setelah mendapat izin dari Pemerintah Arab Saudi, walaupun masih dengan batasan usia 65 tahun.

Menurut Kakankemenag Sabang, keberhasilan pemberangkatan hingga kembalinya jamaah haji tahun ini juga tidak lepas dari peran dan kerjasama dengan Pemerintah Kota Sabang yang sangat luar biasa, mulai dari sejak pembinaan manasik haji, penyediaan fasilitas, serta dukungan moril dan materil lainnya termasuk penganggaran.

“Mari Kita berdoa bersama, untuk tahun 2023 akan kembali normal. Jika tahun ini yang berangkat hanya setengah, yakni 19 orang. Sementara ada 1056 calon haji yang sudah mendaftar masih menunggu, diharapkan pada tahun 2023 nantinya kuota yang diberikan bisa kembali normal, dan kita mampu memberangkatkan 40-50 orang” harapnya. (REL)

Related posts