Haili Yoga: Sukseskan Pendataan Registrasi Sosial Ekonomi Tahun 2022

filename - kabaracehonline.com

KABARACEH, REDELONG:  Penjabat Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si memimpin Apel Hari Statistik Nasional Tahun 2022 di halaman Kantor Pusat Statistik, Kecamatan Wih Pesam. Senin (26-09-2022)

Apel Hari Statistik Nasional yang berlangsung pagi itu, turut hadir Plt. Sekretaris Daerah Armansyah, SE.,M.Si, Asisten Perekonomian dan Pembangunan drh. Sofyan, Kadis Perdagangan Abdul Kadir, ST.,M.Si, Kadis Koperasi Ir. Abadi dan Kaban Keuangan Marwan, SE.,MM.

Read More

Dalam amanatnya, Pj. Bupati Haili Yoga menyampaikan peran data yang berkualitas menjadi sangat strategis dalam penentuan keberhasilan pembangunan yang sedang berlangsung. Hal ini dikarenakan perencanaan pembangunan yang berbasis data akan menjadi lebih terukur, efektif dan efisien. Oleh sebab itu, saat ini data yang berkualitas merupakan sebuah kebutuhan dasar bagi penelitian dan perumusan kebijakan di setiap sektor pembangunan.

Tantangan yang dihadapi saat ini terkait supply data dalam perencanaan program pembangunan, adalah masih terbatasnya data yang berkualitas dengan kondisi terkini (up to date). Selain itu koordinasi dan sinkronisasi data yang ada pada berbagai SKPD juga masih belum optimal. Dan dalam rangka menjawab tantangan tersebut, Badan Pusat Statistik harus mampu melakukan perbaikan metodologi dan mekanisme pengumpulan data, serta melakukan koordinasi dengan pemerintah, baik di pusat maupun di daerah.

Selain itu, pemerintah pusat dan daerah juga harus menghimpun dan menginventarisir data-data dasar yang diperlukan dalam perencanaan program pembangunan, sehingga tujuan akhir pembangunan untuk mensejahterakan masyarakat dapat tercapai. Perayaan Hari Statistik Nasional Tahun 2022 dengan tema “Statistik Berkualitas, Bangsa Sejahtera”, hendaknya dijadikan sebagai momentum awal kolaborasi antara Badan Pusat Statistik dengan pemerintah daerah.

Kolaborasi dilakukan dalam rangka menyediakan statistik berkualitas untuk meningkatkan kinerja pembangunan daerah, termasuk strategi untuk menata program penanggulangan kemiskinan daerah. Salah satu strateginya adalah kolaborasi dalam menyukseskan kegiatan pendataan awal registrasi sosial-ekonomi (REGSOSEK) Tahun 2022.

Sementara itu, dalam Pidato Presiden Republik Indonesia pada acara Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2022 juga telah mengamanahkan BPS untuk melaksanakan kegiatan REGSOSEK Tahun 2022.

Kegiatan ini bertujuan untuk perbaikan basis data sosial dan ekonomi seluruh penduduk di Indonesia. Pendataan REGSOSEK ini penting untuk segera dilaksanakan, agar dapat dimanfaatkan oleh seluruh program dan layanan kepada masyarakat. Untuk itu, perlu kerjasama berbagai pihak dan elemen masyarakat agar pelaksanaan pendataan awal REGSOSEK dapat berjalan dengan sukses dan menghasilkan data yang berkualitas. Keberhasilan kegiatan pendataan awal REGSOSEK tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk petugas pendataan awal REGSOSEK yang mengumpulkan data di lapangan.

Agar petugas dapat melaksanakan kegiatan dengan baik dan penuh tanggung jawab, hendaknya semua petugas mampu menanamkan kejujuran dalam melaksanakan tugas pendataan, dan bekerja dengan baik sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Selain itu, perlu juga ditanamkan bahwa pekerjaan ini akan bernilai ibadah jika dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Untuk mendukung kelancaran pendataan awal REGSOSEK di lapangan, informasi penting tentang pelaksanaan REGSOSEK harus tersampaikan ke seluruh elemen masyarakat, karena REGSOSEK adalah milik kita bersama.

” Semua penduduk akan didata, oleh karena itu diharapkan dapat secara berjenjang mensosialisasikan kegiatan REGSOSEK ini, Mulai dari keluarga, lingkungan setempat, lingkungan kerja dan seterusnya. Sehingga, pada pelaksanaan pendataan lapangan serentak tanggal 15 Oktober sampai dengan 14 November 2022, masyarakat dapat menerima petugas dengan baik dan memberikan informasi yang dibutuhkan sesuai dengan keadaan sebenarnya. Untuk itu, kami harap data yang dikumpulkan dapat berkualitas dan mampu menjadi dasar bagi program pembangunan daerah yang lebih tepat sasaran” ujar Pj. Bupati itu.

Usai gelar apel HSN, disela-sela itu, Pj. Bupati Haili Yoga mengajak dan menghimbau seluruh elemen masyarakat agar turut berpartisipasi dalam Registrasi Sosial Ekonomi, “Kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Bener Meriah mengajak dan menghimbau segenap pemangku kebijakan, segenap aparat, para tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat Bener Meriah untuk berpartisipasi aktif dan menerima petugas BPS dalam pelaksanaan Registrasi Sosial Ekonomi tahun 2022. Mari kita sukseskan pendataan Registrasi Sosial Ekonomi tahun 2022 dengan memberikan jawaban yang sejujur-jujurnya demi pembangunan Bener Meriah yang lebih baik” ajak Pj. Bupati Bener Meriah itu. (REL)

Related posts