Banjir Rendam Sejumlah Kawasan di Aceh Timur

Kondisi banjir yang melanda di Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh pada Senin (31/10/2022) Foto/BPBD Aceh Timur.

KABARACEH, ACEH TIMUR: Peristiwa banjir terjadi di wilayah Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh pada Senin (31/10). Banjir terjadi pascahujan dengan itensitas tinggi yang menyebabkan meluapnya debit air sungai hingga pemukiman warga pukul 04.15 waktu setempat.

Pusat Pengandalian Operasi (Pusdalops) mencatat, hingga Senin (31/10) pukul 08.00 WIB, banjir masih menggenangi wilayah tersebut. Hasil pendataan sementara, sebanyak 50 kepala keluarga terdampak dan semuanya memilih mengungsi ke tempat lebih aman. Selain itu 50 unit rumah warga terendam banjir dengan ketinggian muka air mencapai 200 sentimeter.

Read More

Adapun wilayah terdampak ialah Gampong Pante Kera dan Gampong Batu Sumbang di Kecamatan Simpang Jernih. Kemudian Gampong Jering yang berada pada wilayah Kecamatan Serba Jadi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Timur langsung menuju lokasi terdampak untuk melakukan penanganan bencana seperti melakukan assesmen, mengevakuasi warga ke tempat lebih aman dan terus bersiaga memantau perkembangan banjir di beberapa lokasi terdampak.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) mengeluarkan peringatan dini waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir untuk wilayah Aceh Singkil, Aceh Besar, Aceh Tenggara, Aceh Tengah, Pidie Jaya, Aceh Tamiang, Lhokseumawe, Bener Meriah, Langsa, dan Pulau Aceh pada Selasa (1/11). Kemudian Waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir untuk wilayah Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Tenggara, Simeulue, Tangse, Pidie Jaya, Lhokseumawe, Bireuen, dan Bener Meriah pada Rabu (2/11).

Merespon potensi cuaca ekstrem yang masih akan terus terjadi, BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat khususnya yang tinggal di daerah rawan bencana, untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana akibat dari cuaca ekstrem.

Langkah-langkah yang dapat dilakukan seperti, memantau prakiraan cuaca dan mengetahui potensi bencana di sekitar lingkungan kita. Kemudian menyusun rencana evakuasi dan menentukan tempat evakuasi yang lebih aman. (REL)

Related posts