UPTD Puskesmas Jaya Baru Gelar Dimata Sekejab

Diskusi santai yang mereka beri nama Dimata Sekejab (Diskusi Masalah Kesehatan di Sekitar Kecamatan Jaya Baru), Kamis (5/3/20)

KABARACEH, BANDA ACEH: Seiring merebaknya isu mengenai virus Corona COVID-19 yang mulai masuk ke Indonesia dalam beberapa hari terkahir, UPTD Puskesmas Jaya Baru Kota Banda Aceh menggelar diskusi santai yang mereka beri nama Dimata Sekejab (Diskusi Masalah Kesehatan di Sekitar Kecamatan Jaya Baru), Kamis (5/3/20)

Camat Jaya Baru, T Muhammad Syukri Wardana SSTP MSI yang langsung membuka diskusi mengatakan bahwa diskusi ini merupakan wujud kepedulian Kecamatan Jaya Baru terhadap pentingnya hidup sehat.

“Hal ini juga merupakan upaya kecamatan untuk memberikan penyadaran akan pentingnya hidup sehat,” jelasnya.

Diskusi yang berlangsung di Urban Café Lampoh Daya ini turut menghadirkan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh dr. Quratul Aini, Kapolsek Jaya Baru AKP Dewi Maulidar SSos, Danposramil Jaya Baru Jhon. F, Kasie Kesling Dinas Kesehatan dan juga utusan dari KUA Kecamatan Jaya Baru.

Kepala Puskesmas Jaya Baru, Rina Arlini mengatakan, permasalahan yang paling utama dibahas yaitu menjaga kebersihan, karena bersih merupakan awal dari sehat. Dikatakannya, bukan hanya bersih diri individu tetapi bersih dalam pengolahan makanan dan cara mengkonsumsi makanan. Dan kepedulian individu tehadap kesehatan dimulai dari kebersihan diri sendiri.

Pada kesempatan itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, dr. Quratul Aini menyampaikan mengenai pentingnya pola hidup sehat dengan menerapkan 5 Pilar STBM (Sanitasi Terpadu Berbasis Masyarakat).

“Masyarakat berperan dalam penerapan hidup sehat melalui lima (5) pilar STBM,” jelasnya pada saat diskusi.

Kelima pilar tersebut adalah Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Pengelolaan Air Minum-Makanan Rumah Tangga (PAMM RT), Pengelolaan Sampah Rumah Tangga (PS RT) dan Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga (PLC RT).

“Yang sudah berjalan pilar pertama, kita berharap untuk keempat pilar lagi bisa dilakulan 100 persen. Kita berharap semua masyarakat selalu cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir setiap hendak dan selesai melakukan aktivitas,” imbau Quratul.

Kepala Puskesmas Jaya Baru, Rina Arlini mengatakan bahwa usai diskusi mereka melakukan kunjungan lapangan sebagai implementasi dari diskusi yang dilakukan.

“Kita akan turun ke lapangan bersama pak camat, kapolsek, Danposramil dan KUA ke seluruh gampong, bukan hari ini saja. Kita harap dengan turun bersama, kita menemukan permasalahan dan melakukan evaluasi sehingga kita bisa melakukan implementasi atau intervensi,” kata Rina.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, dr. Quratul Aini juga mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh UPTD Puskesmas Jaya Baru  yang membahas mengenai sejumlah isu kesehatan ini.

“Ini merupakan nilai plus untuk Kecamatan Jaya Baru yang sudah membuat kegiatan dalam bentuk santai tetapi isinya serius,”pungkasnya. (RED)

Related posts