Pengelola Perpustakaan di Aceh Barat Dilatih Otomasi Perpustakaan

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH
Bimbingan Teknis (Bimtek) sistem otomasi perpustakaan berbasis web dengan menggunakan aplikasi INLISLite versi 3

KABARACEH, MEULABOH: Sebanyak 20 peserta yang merupakan perwakilan dari pengelola perpustakaan di Kabupaten Aceh Barat dilatih dan dibekali Bimbingan Teknis (Bimtek) sistem otomasi perpustakaan berbasis web dengan menggunakan aplikasi INLISLite versi 3,Kamis (17/9/2020) bertempat di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Barat.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Barat bekerjasama dengan Aceh Library Consultant (ALC) dan Prodi Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry menghadirkan narasumber dan instruktur dari masing-masing, Arkin SIP, M. Zulkifli SIP dan Rahmad Syah Putra MPd MA.

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Barat, Abdullah SS melalui Sekretaris Dinas, Kartini, SE MKes mengatakan bahwa seiring perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat di era sekarang ini, Perpustakaan sebagai penyedia informasi harus dapat memberikan kontribusi dalam memberikan pelayanan bagi pengguna perpustakaan secara cepat, tepat dan akurat.

“Perkembangan teknologi informasi itu sendiri juga harus mampu di implementasikan di Perpustakaan agar pelayanan di perpustakaan mampu disesuaikan dengan perkembangan zaman”,katanya.

Sementara itu, Kabid Perpustakaan, Elvia Hasmaneta SE MSi menjelaskan bahwa kegiatan Bimtek ini dilaksanakan untuk membekali para pengelola perpustakaan dalam mengelola perpustakaan dan meningkatkan kompetensi pengelola perpustakaan sesuai dengan perkembangan teknologi.

“Pelatihan ini di ikuti oleh 20 peserta yang merupakan perwakilan dari pengelola perpustakaan desa, sekolah dan juga Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Barat”,kata Elvia yang juga koordinator pelaksana, Kamis (17/9) di Aula Dinas Perpustakaan setempat.

Selain itu, ia berharap melalui kegiatan ini para peserta mampu  melaksanakan kegiatan rutinitas perpustakaan mulai dari pengolahan bahan pustaka, manajemen keanggotaan, sirkulasi, inventaris koleksi, statistik pengunjung dan kegiatan-kegiatan lainnya yang terkait dengan pekerjaan operasional perpustakaan secara cepat dan tepat.

“Perpustakaan yang ada di kabupaten Aceh Barat baik perpustakaan desa maupun sekolah harus bertransformasi mengikuti perkembangan dan perilaku masyarakat di era digital”,katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Pihak Aceh Library Consultant (ALC) juga menyerahkan sebanyak 8 judul buku yang ditulis langsung oleh Manager Aset dan Keuangan ALC, Rahmad Syah Putra MPd untuk koleksi Perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Barat. (RD)

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI