HUT TNI Ke 75, Kodim 0112/Sabang Melaksanakan Kegiatan Donor Darah

Kodim 0112/Sabang saat melaksanakan kegiatan donor darah

KABARACEH, SABANG: Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 73 tahun 2020 pada hari Senin tanggal 28 September 2020, bertempat di Makodim 0112/Sabang telah melaksanakan kegiatan donor darah yang diikuti 100 orang peserta.

Dalam peringatan HUT TNI ke 75 tersebut turut hadir antara lain, Wakil Walikota Drs. H. Suradji Junus yang juga sebagai Ketua Palang Merah Indonesia Kota Sabang, Dan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Agus Darmawan S.E M.Tr. Hanla, juga sebagai Koordinator HUT TNI ke 75 Kota Sabang, selanjutnya Dandim 0112/Sabang Letkol Czi Istiyarto, ST serta Danlanud MUS Letkol Pnb Daruyanto.

Disamping itu juga turut hadir Kafasharkan Sabang Letkol Laut (T) Ivan Safari Kurniawan, Danlanudal Sabang Letkol Laut (T) Sunarto, Dansatrad 233 Sabang Letkol Lek Firmansyah. Kapolres Sabang yang diwakili Kabag Sumda AKP M Saefudin, Danramil 01 Sukajaya Sabang Mayor Inf Tatang dan Danramil 02 Sukakarya Sabang Mayor Inf Sholikin.

Dalam HUT TNI tersebut juga hadir Sekretaris PMI Banda Aceh, Didi Agustinus, Dr. Mutia Abdullah UDD PMI Kota Banda Aceh, Ketua Persit KCK Dim 0112 Sabang Ny. Istiyarto beserta pengurus Persit KCK Dim 0112/Sabang.

Koordinator HUT TNI ke 75 Kota Sabang Kolonel Laut (P) Agus Darmawan S.E M.Tr. Hanla telah memberikan wejangan, dengan kehadiran kita disini dalam rangka memeriahkan HUT TNI ke 75 untuk besinergi dan berkerja sama, Untuk itu, ada beberapa point yang perlu kami sampaikan bahwa HUT TNI ke 75 tahun ini erat kaitannya dengan situasi Negara yang bermasalah dengan Covid 19 itu.

Oleh karenanya target-target kegiatan dan point-point yang telah ada harus ditunda kegiatannya sampai masalah di Negara kita berakhir, tentunya mari kita berdoa, agar Covid 19 cepat teratasi dan dapat ditemukan obatnya, semoga indonesia dapat kembali pulih dan masyarakat dapat melakukan aktifitas seperti sedia kala., Tutur Danlanal.

“Untuk Bersinergi” itulah tema dari Peringatan Hut TNI ke 75 kali ini sambung Danlanal, maksud dari bersinergi itu adalah sama juga seperti halnya untuk bersama-sama dalam menjalin dan mempererat hubungan Silaturahmi, serta selalu menjaga kekompakan dalam situasi memerangi virus Corona Pandemi Covid-19. Yang sangat harus di waspadai.

Sekaitan dengan maksud tersebut, mari kita bersama-sama menggunakan masker untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan tetap mematuhi protocol kesehatan yang telah dianjurkan oleh Pemerintah.
Dalam laksanaan peringatan HUT TNI ke 75 ini, dengan melaksanakan kegiatan donor darah, dengan pelaksanaan donor darah kita bertujuan untuk membantu sesama, dengan demikian kita dapat menyumbangkan darah kepada orang yang dalam pesakitan sehingga sangat bermanfaat bagi orang yang membutuhkannya.
Di samping itu dengan kita dapat menyumbangkan darah atau darah kita diambil, hal tersebut sangat bermanfaat sekali bagi kita, yaitu akan memperbaharui sel_sel baru yang ada dalam tubuh kita, ucapnya.


Danlanal menambahkan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian TNI dalam mendukung program kemanusiaan melalui PMI, karena darah yang terkumpul nantinya akan kita sumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Mudah-mudahan kegiatan ini dapat membantu memenuhi kebutuhan darah Kota Sabang, terutama dalam suasana pandemic Covid-19 dimana tidak terlalu mudah mendapatkan pendonor dibanding dalam suasana normal, sementara kebutuhan darah untuk transfuse bagi pasien yang membutuhkan tetap ada bahkan cenderung meningkat. Semoga apa yang kita lakukan pada hari ini sangat bermanfaat bagi kita semua dan juga masyarakat Kota Sabang., harapnya.

Sekretaris PMI Kota Banda Aceh Didi Agustinus dalam sambutannya manyampaikan, donor darah ini sebagai ajang silaturahmi dan menjaga kesehatan sekaligus membantu saudara-saudara yang sakit dan membutuhkan darah.

“Kami mewakili PMI Kota Banda Aceh mengucapkan Dirgahayu TNI ke 75 bersama Rakyat TNI kuat”, ucapnya.

Tambah dia lagi,, Virus Covid-19 ini belum mampu disembuhkan, buktinya teman-teman kita banyak yang terpapar virus Covid-19, siapapun yang terpapar Covid-19 masih bisa mendonorkan darahnya karena virus Covid tidak didarah, meskipun begitu kita tetap disiplin dalam menjaga Protocol Kesehatan dan juga tidak akan menerima pendonor yang terjangkit virus Covid-19 itu.

“Donor darah menurut saya sangat bagus buat kesehatan tubuh manusia karena pembentukan sel sel baru didalam tubuh kita yang habis di donorkan darah kita dan mengeluarkan sel sel lama”, jelasnya.

Komandan Kodim 0112/Sabang Letkol Czi Istiyarto,ST menerangkan, jumlah peserta yang ikut mendaftar menjadi peserta donor darah seluruhnya 100 orang peserta namun, tidak semuanya bisa ikut dikarenakan berbagai alasan dan kondisi maka, hasil dari donor darah dapat terkumpulkan sebanyak 68 kantong darah., kata Dandim.

Peserta yang ikut diantaranya personel Kodim 0112/Sabang 20 orang, Ibu Persit Kodim 0112/Sabang 5 orang, Personel Lanud MUS 11 orang, Personel Satrad 233 7 orang, Personel Polres Sabang 10 orang, Personel Lanal 6 orang, Personel Lanudal 5 orang, Personel Fasharkan 7 orang, Personel Satpol-PP 5 orang, P3AU 3 orang dan Terawah 3 orang., terang Dandim.

Semoga harap Dandim 0112/Sabang darah yang terkumpulkan ini dapat bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan nya. (DS)

Related posts