Warga Tergusur yang Sempat Dipindahkan Ke Rumah Singgah Kini Sudah Kembali Bersama Keluarga

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH

KABARACEH, BANDA ACEH: Warga yang tergusur di bantaran Krueng Aceh Lamnyong saat ini bergabung kembali bersama keluarganya di Aceh Besar setelah tiga hari di rumah singgah.

“Ibu NR bersama enam orang anaknya sekarang sudah bersama keluarganya di Aceh Besar setelah dipindahkan  selama tiga hari di rumah singgah,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Banda Aceh M. Hidayat, S.Sos saat dikonfirmasi melalui telepon, Jumat (18/12/2020).

Sebelumnya, Hidayat mengatakan pada tanggal (12/12) timnya menemukan seorang ibu yang berinisial NR bersama enam orang anaknya yang tinggal di bawah jembatan Lamnyong.

Kata Hidayat, pihaknya yang tergabung dalam Tim Reaksi Cepat (TRC) Dinas Sosial Kota Banda Aceh  dan Sakti Peksos Banda Aceh berkerjasama dengan P2TP2A Provinsi dan Dinsos Aceh langsung merelokasi warga yang tergusur di bantaran Krueng Aceh Lamnyong tersebut untuk dipindahkan ke Rumah Singgah Dinas Sosial Kota Banda Aceh.

“Ibu NR bersama tiga anaknya yang masih balita dan tiga anaknya yang  putus sekolah sebelumnya tinggal di sebuah gubuk di Bawah jembatan Lamnyong, dikarenakan ada pekerjaan bantaran sungai Krueng Aceh beliau tidak bisa lagi tinggal di gubuk tersebut, suami NR sudah meninggal dunia sejak sebulan yang lalu,” kata Hidayat.

Kata Hidayat, TRC langsung menyelesaikan permasalahan ibu NR dengan memindahkan keluarganya ke rumah singgah Lamjabat.

“Kita bersama Dinsos Provinsi juga memberi bantuan kedaruratan berupa peralatan bayi dan balita seperti diapers dan susu, alat mandi dan pakaian dan kain sarung,” kata Hidayat.

Selain itu, langkah intervensi lain yang dilakukan oleh TRC yaitu mendatangkan tim kesehatan Puskesmas Meuraxa Kota Banda Aceh untuk memeriksa kesehatan bayi tersebut.

“Ternyata bayi tersebut demam suhu 39 derajat, paru parunya juga agak terganggu dan badannya kurus, serta merah merah di paha sampai ke perut.  Pada hari Selasa TIM kesehatan Puskesmas Meuraxa  datang kembali untuk memeriksa lebih lanjut dan hasil diagnosanya anak tersebut mengalami gizi buruk,” Ujarnya.

Hidayat mengatakan, bayi tersebut sempat dirawat di RS Meuraxa untuk penanganan sampai sembuh dan sekarang kondisinya sudah membaik.(RED)

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI