Korban Tenggelam di Perairan Pantai Blang Ulam Berhasil Ditemukan Tim SAR TNI AL Malahayati

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH

KABARACEH, SABANG: Tim SAR Pos TNI AL (Posal) Malahayati Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) yang tergabung dalam Tim SAR gabungan berhasil menemukan korban tenggelam di perairan pantai Blang Ulam Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar.

Danlanal Sabang Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo, S.T, M.M, mengatakan, tim SAR Pos TNI-AL (Posal) Malahayati Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) yang tergabung dalam Tim SAR berhasil menemukan korban tenggelam bernama Dimas Gilang Taruna di perairan pantai Blang Ulam Kecamatan Mesjid Raya, Kabulaten Aceh Besar.

Korban berhasil ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa pada Selasa 27 Juli 2021 sekira pukul 14.30 WIB, penemuan tersebut setelah pihak Tim SAR gabungan melakukan pencarian selama 3 hari ini.

Adapun kronologis kejadian korban tenggelam pada hari Minggu 25 Juli 2021, sekitar pukul 15.00 WIB di saat korban Dimas Gilang Taruna bersama rekan lainnya Azhari, Nurfadilah, Rauzah Nuzullah, Rami Anisa sedang rekreasi di pantai dan berenang di laut.

“Namun dikarenakan kondisi laut dalam keadaan ombak dan gelombang, korban Dimas Gilang Taruna terseret arus ke tengah laut. Sedangkan keempat teman lainnya dapat diselamatkan warga masyarakat yang sedang berada di TKP, yaitu pada koordinat 5.36’2472″ LU, 95.38’492″ BT atau tepatnya di pantai Blang Ulam Kabupaten Aceh Besar. Naas korban Dimas Gilang Taruna tidak dapat diselamatkan atau tidak ditemukan saat itu,” jelas Danlanal.

Selanjutnya, dengan adanya kejadian laka laut tenggelamnya Dimas Gilang Taruna maka, Danposal Malahayati Letda Laut (T) Turijan melaporkan kejadian tersebut.

“Saya langsung perintahkan Danposal Malahayati semaksimal mungkin berkoordinasi dengan instansi yang ada untuk bergerak bersama unsur SAR yang ada secara gabungan melakukan pencarian terhadap korban,” terangnya.

Saat itu juga, tim SAR yang terdiri dari personel Basarnas, Pos TNI AL Malahayati, Babinsa Koramil Kreung Raya, Polairud Kreung Raya dan Polsek Kreung Raya dengan menggunakan dua unit sarana apung Basarnas berupa perahu karet bermesin 40 PK dan milik Posal Malayati perahu karet bermesin 40 PK terus melakukan pencarian.

“Tim bergerak ke laut melaksanakan pencarian pada sektor yang diperkirakan tenggelamnya korban Dimas Gilang Taruna, mulai hari minggu sore sampai dengan hari ini Selasa, berkat kerja keras tim SAR Gabungan akhirnya berhasil menemukan mayat korban tenggelam yang mengapung di perairan laut Blang Ulam Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar,” kata Danlanal.

Selanjutnya, setelah mayat korban berhasil ditemukan, Tim SAR melakukan evakuasi ke pantai untuk diserahkan kepada tim medis dari rumah sakit terdekat. (RH)

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI