Insentif Nakes belum Terbayar, Pemkot Langsa Temui Gubernur Aceh

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH
Rombongan Wakil Wali Kota Langsa, Marzuki Hamid saat bertemu dengan Gubernur Aceh, Nova Iriansyah di  Rumah Dinas Wakil Gubernur Aceh, Banda Aceh,  (9/9/2021).

KABARACEH, BANDA ACEH: Setelah mendapat teguran dari Mendagri, karena belum lagi membayarkan insentif tenaga kesehatan (Nakes) selama enam bulan. Rombongan dari Pemkot Langsa yang dipimpin oleh Wakil Wali Kota Langsa temui Gubernur Aceh, Nova Iriansyah  di Rumah Dinas Wakil Gubernur Aceh. Kamis (09/09/2021).

Hadir dalam pertemuan itu Wakil Wali Kota Langsa, Sekda Langsa, Kepala Bappeda dan Kepala BPKD Langsa. Sementara dari Pemerintah Aceh, hadir Kepala BPKA, Direktur Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin, Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Aceh.

Wakil Wali Kota Langsa, Marzuki Hamid, kepada bertemu dengan Nova Iriansyah menyampaikan permasalahan keuangan daerah mereka.

Marzuki Hamid, mengatakan pihaknya kewalahan karena tidak lagi memiliki anggaran akibat adanya dua kali pemotongan Dana Alokasi Umum (DAU) senilai Rp.50 miliar. Langsa sendiri membutuhkan bantuan keuangan dari provinsi sekitar Rp.30 miliar, yang di antaranya adalah untuk dipakai membayar insentif tenaga medis.

Menjawab hal itu, Gubernur Aceh Nova Iriansyah, mengatakan bahwa dirinya sudah menyampaikan kepada seluruh bupati dan wali kota se Aceh, bahwa pemerintah Aceh setuju untuk membantu kabupaten/kota. Namun harus dengan tiga syarat. Pertama adalah sesuai dengan perundang-undangan dan ruang fiskal tersedia.

Nova menerangkan, jika dua persyaratan itu tercukupi, pemerintah Aceh siap membantu Langsa dan kabupaten/kota lain. Namun haruslah melalui mekanisme APBA perubahan.

“Di level kebijakan kita sudah bicara. Ketika masuk ke teknis ya tiga syarat itu harus tercukupi dulu. Jika tercukupi kita bantu,” kata Nova.(ARS/WO)

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI