Run For Zero Thalassemia, Ajang Para Charity Runner Kampanyekan Bahaya Thalassemia

KABARACEH, SABANG: Di lepas Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Ali Setiandy, kegiatan Run For Zero Thalassemia, yang mengambil start dari Casanemo Beach Resort Sabang, menjadi ajang para Charity Runner kampanye bahaya Thalassemia.

Ajang amal ini merupakan kolaborasi bersama Yayasan Darah Untuk Aceh (YDUA), dan Yayasan Ayo Bantu Peduli Indonesia 2023, Laba-laba Sabang serta stakeholder lainnya, yang turut di dukung oleh Pemerintah Kota Sabang.

Run for Zero Thalassemia merupakan event charity run untuk membantu perawatan dan pengobatan penyintas thalassemia di Aceh, sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia mengenai bahaya thalassemia, dengan harapan di tahun 2035 tidak akan ada lagi angka kelahiran thalasemia mayor, zero thalassemia.

“Kami tentunya sangat berterimakasih atas dukungan dan kepedulian bapak ibu sekalian, mengampanyekan bahaya laten thalassemia untuk mencegah bertambahnya penderita thalassemia di Aceh,” kata Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi ketika menjamu peserta Run For Zero Thalassemia dengan makan malam bersama di Pendopo Wali Kota, Sabtu (14/1) malam.

Para Charity Runner berlari bersama dan melakukan galang dana untuk Yayasan Darah Untuk Aceh, dalam melakukan sosialisasi serta pencegahan dan pengobatan bagi para penyintas thalassemia di Aceh yang cukup mengkhawatirkan, karena lebih dari 60% dari total pengidap adalah anak-anak.

Pelari ajang amal ini, berjumlah 31 orang, yang berasal dari berbagai profesi dan latar belakang serta dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk Jakarta. Kegiatan ini juga diikuti 11 personel dari LANAL Sabang, dimana akan berlari sepanjang 47 km, start dari Casanemo Beach Resort pukul 06.00 WIB pagi dan Finish di Tugu KM Nol pukul 12.00 siang.

Uniknya, selain berkampanye dan menggalang dana, para Charity Runner juga ikut mempromosikan Kota Sabang, dimana sambil berlari mereka akan berswafoto pada spot-spot wisata untuk mengenalkan potensi wisata Pulau Weh itu.

“Para peserta merupakan para komunitas pelari dan personel Lanal. Selain kampanye, charity run ini juga mengumpulkan bantuan untuk talasemia. Semoga bantuan yang bapak ibu berikan menjadi amal ibadah,” hara Reza Fahlevi.

Pada kesempatan tersebut, Pj Wali Kota Sabang juga turut memperkenalkan potensi wisata Sabang yang beragam. Hal ini juga di dukung dengan kondisi alamnya yang masih asri, lautnya yang eksotis dan banyaknya situs-situs sejarah yang menjadi daya tarik wisatawan. (REL)

Related posts