Kembangkan Destinasi dan Infrastruktur Pariwisata, T. Mirzuan Temui Deputi Kemenparekraf

KABARACEH – TAKENGON: Untuk mengembangkan destinasi dan infrastruktur pariwisata di Kabupaten Aceh Tengah, Pj. Bupati T. Mirzuan, temui sejumlah pejabat terkait di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI di Jakarta, Jum’at (13/01/2023).

Sebagaimana dalam kesempatan tersebut, T. Mirzuan diterima langsung oleh Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Visensius Jemadi dan Direktur Event Daerah, Reza Fahlevi berikut jajaran di Kemenparekraf RI.

T. Mirzuan yang hadir didampingi Kadis Pariwisata Kabupaten Aceh Tengah, Zulkarnain menyampaikan berbagai usulan program yang ditawarkan untuk mendorong sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Aceh Tengah, yang belakangan ini telah muncul sebagai daerah tujuan wisata populer di Provinsi Aceh.
�Dalam paparannya, Pj. Bupati Aceh Tengah itu mengemukakan berbagai potensi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang selama ini telah digarap dan menjadi daya tarik tersendiri di kabupaten berjuluk negeri diatas awan tersebut.

Dia menambahkan, berbagai program pengembangan destinasi dan infrastruktur pariwisata terus dilakukan peningkatannya setiap tahun, sehingga saat ini pariwisata telah menjadi salah satu sektor unggulan dalam pembentuk struktur ekonomi daerah.

Oleh karena itu Mirzuan menambahkan, agar sektor primadona ini dapat berjalan dengan baik, perlu mendapat dukungan dan bantuan terutama dari pemerintah pusat agar pengembangannya selaras dengan program prioritas Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Nasional (Ripparnas) dan Ripparda.

Disebutkannya, setidaknya ada sembilan program wisata prioritas ditahun ini yang diusulkan ke Kemenparekraf RI, antaranya pengembangan destinasi dan sarana prasarana wisata, even wisata, atraksi budaya serta pelatihan penguatan sektor kepariwisataan.

Dimana dalam usulan program ini, bertujuan untuk membangun komitmen dengan pemerintah pusat agar pengembangan pariwisata di Kabupaten Aceh Tengah dapat terus dipacu, sehingga kunjungan wisatawan terus meningkat dari waktu ke waktu.

“Harapan kami, optimalisasi pengembangan wisata di Aceh Tengah menjadi upaya mendorong akselerasi destinasi wisata di daerah kami dan menjadi magnet bagi wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara,” Pinta Mirzuan.

Sementara itu, Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Visensius Jemadi dalam penerimaannya menyampaikan apresiasi atas kunjungan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah.

Dikatakannya, pihak Kemenparekraf RI sangat menyambut baik gagasan dan usulan yang disampaikan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dalam kesempatan itu, serta menyatakan dukungannya bagi pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif didaerah ini.

Terkait usulan program yang diajukan Pemkab Aceh Tengah, Vicensius menyampaikan akan menindaklanjuti proposal yang disampaikan dengan menyelaraskan usulan dimaksud dengan program Kemenparekraf dan prioritas nasional.

“Intinya kami sangat menyambut baik kunjungan dari Pemkab Aceh Tengah, nanti hasil pertemuan ini akan kami bahas kembali dan disesuaikan dengan program Kemenparekraf dan prioritas nasional.” Tutup Visensius. (REL)

Related posts