FESPATI Aceh Sukses Adakan Kejuaraan Daerah Ke-1

KABARACEH, BANDA ACEH: Federasi Seni Panahan Tradisional Indonesia (FESPATI) Provinsi Aceh mengadakan Kejuaraan Daerah (KEJURDA) Ke-1 pada Minggu, 29 Januari 2023 di Stadion Harapan Bangsa Lhong Raya Kota Banda Aceh. Kegiatan ini merupakan kegiatan silaturrahim antar pemanah dalam lingkup organisasi FESPATI Aceh.

Ketua Panitia Teuku Muda Rizki mengatakan, Kegiatan KEJURDA ke-1 ini diikuti oleh 98 orang Pemanah dari 9 Kabupaten Kota, yaitu terdiri dari Kota Banda Aceh 16 Orang Pegiat Olahraga (Atlit), Aceh Besar 16 Orang, Pidie 16 Orang, Aceh Tengah 25 Orang, Aceh Barat 11 Orang, Aceh Tamiang 6 Orang, Kota Lhokseumawe 5 Orang, Aceh Selatan 2 Orang dan Kota Langsa 1 Orang Pegiat Olahraga.

Ketua Panitia juga menambahkan bahwa, KERJUDA ke-1 ini dibuka 5 Kategori cabang perlombaan, diantaranya, cabang Pelajar Putra 20 Meter, Pelajar Putri 20 Meter, Dewasa Putri 30 Meter, Dewasa Putra 70 Meter dan Cabang Beregu Dewasa Putra 30 Meter.

Pada kesempatan lain Ketua Pengurus Daerah (PENGDA) FESPATI Aceh Berry Darman Saragih mengatakan, Organisasi FESPATI di Aceh baru berumur 1 Tahun, sejak menerima Surat Keputusan (SK) Pengurus dari FESPATI PUSAT tertanggal 26 Januari 2022.

“Kami baru 1 (satu) Tahun di Aceh, dan Alhamdulillah dengan semangat bersama dari para pemanah Sunnah ini, kami sudah berhasil membentuk 9 Pengurus Cabang (PENGCAB) FESPATI Kabupaten/Kota se- Aceh, artinya hampir 40 % PENGCAB sudah terbentuk, dan masih ada 5 Kabupaten/kota lagi dalam proses administrasi pembentukan. Kami hanya punya semangat, dan kemauan yang kuat dalam mengembangkan olahraga sunnah ini, kegiatan ini juga didukung oleh pada Hamba Allah yang Dermawan disamping dari Registrasi Peserta,” kata Berry.

Ketua PENGDA FESPATI Aceh juga menambahkan bahwa, dengan umur FESPATI Aceh yang masih sangat belia ini, sudah menoreh Prestasi sebagai Juara 1 (Mendali Emas) cabang Dewasa Putri Tingkat Nasional pada Ajang FORNAS VI yang dilaksanakan di Palembang Sumatera Selatan bulan Juli 2022.

“Alhamdulillah ini semua berkat kerjakeras dari teman-teman pemanah yang tergabung dalam FESPATI Se Aceh,” jelasnya.

Dalam Kejuaraan Daerah (KEJURDA)ke-1 FESPATI Aceh tahun 2023, Pengcab FESPATI Aceh Barat Meraih mendali 2 Emas, 3 Perak, Kota Banda Aceh 2 Emas, 1 Perak dan 2 Perunggu, Pidie 1 Emas dan 1 Perak, Aceh Besar 1 Perak dan 1 Perunggu, Kota Langsa 1 Perunggu, disamping itu Pengurus Cabang (PENGCAB) Terbaik jatuh ke PENGCAB Kota Banda Aceh dalam adu panahan beregu dengan jarak 30 Meter, yang diserahkan langsung hadiahnya oleh Bunda Upik. (REL)

Related posts