Sekdakab Aceh Besar Ikuti Zoom Meeting Rakor Pengendalian Inflasi Bersama Pj Gubernur Aceh

24/05/2024
Sekdakab Aceh Besar Drs Sulaimi MSI bersama Asisten II bidang Perekonomian dan Pembanguan Sekdakab Aceh Besar M Ali SSos MSi dan Kepala OPD mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi, Pertumbuhan Ekonomi dan Pengembangan Investasi tahun 2023 yang dilaksanakan Pj Gubernur Aceh melalui zoom meeting dari Ruang Rapat Dekranasda Aceh Besar, Gampong Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Jum’at (17/3/2023) sore.

KABARACAEHONLINE,KOTA JANTHO: Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Aceh Besar Drs Sulaimi MSi, mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi tahun 2023 yang dilaksanakan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Aceh melalui zoom meeting di ruang rapat Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh Besar, Gampong Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Jum’at (17/3/2023) sore.

Sekda Sulaimi mengatakan, dalam Rakor Pengendalian Inflasi tahun 2023 itu, ikut dibahas berbagai langkah konkrit dalam pengendalian inflasi di daerah yang telah dilaksanakan selama ini. Seperti arahan untuk meningkatkan kegiatan pangan murah bagi masyarakat dan penguatan sektor pertanian, perdagangan, dan perluasan lapangan kerja di setiap daerah,” katanya.

Menurutnya, Rakor yang dipimpim Pj Gubernur Aceh itu juga menegaskan kepada seluruh pimpinan daerah, baik Bupati maupun Wali Kota di Aceh agar tetap memprioritaskan enam upaya taktis dan terukur dalam Pengendalian Inflasi Daerah, terlebih menjelang tibanya bulan suci Ramadhan 1444 H.

“Enam hal itu, meliputi pelaksanaan operasi pasar murah, melaksanakan sidak ke pasar dan distributor, terutama yang menyangkut kebutuhan pangan masyarakat, agar tidak menahan barang, melakukan kerjasama dengan daerah penghasil komoditi pangan untuk kelancaran pasokan, menggencarkan gerakan menanam, merealisasikan BTT (Belanja Tidak Terduga), serta memberikan dukungan transportasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten/Kota (APBK) untuk kelancaran distribusi dan pasokan antar daerah yang terlibat kerjasama,” terangnya.

Ia mengatakan, Forum Rakor Pengendalian Inflasi itu juga ikut mengusulkan Satgas ketersediaan dan stabilitas pangan di daerah. Satgas itu nantinya yang akan bertugas untuk memastikan ketersediaan, distribusi, dan stabilitas harga pangan serta pelaksanaan program stabilisasi pasokan serta harga pangan (SPHP) di daerah masing-masing.

“Berbagai upaya tersebut merupakan solusi yang harus dikedepankan oleh para Kepala Daerah di Aceh untuk pengendalian inflasi dan meningkatkan ekonomi masyarakatnya,” pungkasnya.(**)