Dinsos Aceh Besar Salurkan Bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial untuk Lansia

24/05/2024

KABARACEHONLINE.COM, KOTA JANTHO: Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Sosial, menyerahkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (atensi) untuk masyarakat Lanjut Usia di Kabupaten Aceh Besar dari Kementrian Sosial RI melalui Sentra Daerah Darussaadah Aceh.

Penyerahan bantuan secara simbolis yang berlansung di Aula Dinas Sosial, Kota Jantho, Senin (10/4/2023).

Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, SSTP, MM, mengatakan, jika pihaknya terus mengajak masyarakat Aceh Besar untuk terus bersyukur atas bantuan yang diberikan oleh Kemensos melalui Sentra Daerah Darussaadah Aceh kepada Pemerintah Aceh Besar yang pada hari ini disalurkan kepada masyarakat.

Atas nama Pemkab Aceh Besar kami haturkan terima kasih atas perhatiannya kepada masyarakat Aceh Besar, kita tahu, dengan bersyukur, Allah akan melipat gandakan nikmat yang diberikan kepada kita semua, itu sebabnya, mari kita terus bersyukur, karena dengan bersyukur rezeki akan terus bertambah,” katanya.

Menurutnya, Aceh Besar merupakan salah satu daerah yang angka kemiskinan ekstrimnya masih tinggi, begitu juga dengan angka stunting, itu sebabnya Pemkab Aceh Besar terus bergerak untuk memerangi inflasi daerah dan peningkatan angka stunting di Aceh Besar.

“Sudah satu minggu ini kita terus bergerak memerangi stunting, hampir setiap saat kami menghampiri rumah-rumah masyarakat untuk memastikan masyarakat tidak mengalami stunting,” ujarnya.

Iswanto menuturkan, kolaborasi yang selama ini terjalin antara pemerintah pusat dan daerah ini patut dipertahankan, terutama dalam hal memberikan perhatian dan bantuan kepada warga yang membutuhkan.

“Kita berharap, kolaborasi ini terus terjalin, karena dengan kolaborasi yang baik, insya Allah kita mampu meringankan beban masyarakat,” tuturnya.

Ia menyampaikan, kemampuan pemerintah daerah sangat terbatas, namun pihaknya akan terus berupaya dengan segala kemampuan yang dimiliki untuk terus memberikan perhatian kepada masyarakat yang kurang mampu di Aceh Besar.

“Kita akan terus berupaya memberikan bantuan kepada masyarakat Aceh Besar, meskipun kemampuan pemerintah sangat terbatas, tapi dengan kolaborasi insya Allah akan terwujud,” terangnya.

Ia berharap bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, karena ini penting untuk mencapai capaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Sosial bagi lanjut usia terlantar sesuai kebutuhan dan kemampuan layanan dasar yang diberikan
.
Kepala Dinas Sosial Bahrul Jamil, SSos, MSi, menyebutkan, jika bantuan atensi untuk lansia pada tahun 2023 sebanyak 181 paket, dengan rincian, bantuan makanan atau nutrisi sebanyak 81 paket, perlengkapan ibadah 181 paket, bantuan kursi roda sebanyak 7 unit, tongkat tiga kaki 36 buah.

“sedangkan lainnya, berupa walker 2 buah dan kasur sebanyak 53 unit, selain itu, tahun 2023, Darussadah membantu tiga unit becak tiga roda untuk penyandang disabilitas sebanyak 5 unit guna menjalankan usahanya sehari-hari,” pungkasnya.

Sementara itu di Kecamatan Kuta Cot Glie diserahkan oleh Anggota Dewan Perwakila Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Besar, H. Mustafa Ishak, menurutnya, inilah kepedulian pemerintah untuk masyarakat semoga bermamfaat apalagi di dalam bulan Penuh berkah ini.

“Mari kita doakan bersama, semoga para pemimpin kita selalu diberi Kesehatan oleh Allah SWT,” ajaknya.

Penyerahan bantuan turut dihadiri langsung Kadis Sosial Aceh Besar Bahrul Jamil, Camat Kuta Cotglie, Kapolsek ,Dan Ramil beserta TKSK, PSM Kuta Cot Glie. (Slm)