Donor Darah HUT Kota Jantho Hasilkan 71 Kantong

24/05/2024

KABARACEHONLINE.COM, KOTA JANTHO: Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S.STP, M.M didampingi Plt Kadis Kesehatan Aceh Besar Farhan AP menyampaikan apresiasi kepada para pendonor yang sudah melakukan donor darah dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-39 Kota Jantho tahun 2023 di Lapangan Bungong Jeumpa, Rabu (3/5/2023).

Kegiatan donor darah hasil kerjasama Pemerintah Kabupaten Aceh Besar dengan PMI Kota Banda Aceh untuk memperingati HUT Ke-39 Kota Jantho disambut baik oleh kalangan ASN, tenaga kontrak, pegawai PDAM Tirta Mortala, dan masyarakat Kota Jantho.

Aksi sosial tersebut berhasil mengumpulkan 71 kantong darah. Ini tentu saja sangat bermanfaat demi membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan transfusi darah atau dalam pengobatan di rumah sakit,” jelas Muhammad Iswanto, yang juga ikut dalam aksi donor darah tersebut bersama sejumlah Kepala OPD jajaran Pemkab Aceh Besar.

Menurut Pj Bupati Aceh Besar itu, sebetulnya peminat untuk melakukan donor darah mencapai 100 orang lebih, namun setelah terlebih dahulu diperiksa kesehatannya oleh petugas dari PMI Banda Aceh, ada sebagian di antara calon pendonor yang belum memenuhi syarat untuk melakukan donor darah, sehingga hingga batas akhir kegiatan donor darah berhasil terkumpul 71 kantong darah.

Iswanto kembali menyerukan kepada ASN dan tenaga kontrak jajaran Pemkab Aceh Besar agar rutin melakukan donor darah guna membantu para pasien yang akan melaksanakan transfusi darah. Apalagi, katanya, kegiatan sosial kemanusiaan tersebut sangat bermanfaat.

Sementara itu, Plt Kadiskes Aceh Besar Farhan AP menambahkan, pada kegiatan donor darah tersebut, terkumpul 71 kantong darah, dengan rincian golongan darah A sebanyak 18 kantong, Golongan darah B sebanyak 18 kantong, golongan darah O sebanyak 31 kantong, serta golongan darah AB sebanyak 4 kantong.

Kami menyampaikan terima kasih atas partisipasi dan kerjasama kepada semua pihak, sehingga kegiatan donor darah dalam rangka memperingati HUT ke-39 Kota Jantho tahun 2023 ini berjalan sukses dan lancar,” pungkasnya.(Slm)