Tim BPBD Aceh Besar Atasi Pohon Tumbang dan Banjir

24/05/2024

KABARACEHONLINE.COM, KOTA JANTHO: Tim BPBD Aceh Besar telah berhasil membantu musibah pohon tumbang dan banjir yang dialami dua kawasan di Aceh Besar, Sabtu (6/5/2023) sore.

Kalaksa BPBD Aceh Besar, Ridwan Jamil SSos MSi mengatakan, pada pukul 18.41 Wib, telah terjadi banjir di Gampong Pudeng, tempat pemandian wisata lnaja, dan Krueng Suhom Kecamatan Lhoong.

Ridwan Jamil mengukapkan ko, intensitas hujan yang tinggi telah mengakibatkan terjadinya banjir di Kecamatan Lhoong dan pohon tumbang di Kecamatan Seulimeum.

Luapan air sungai yang terjadi di tempat wisata di Kecamatan Lhoong telah mengakibatkan terseretnya kendaraan bermotor milik masyarakat setempat.

Kendaraan tersebut terseret oleh derasnya air sungai sejauh 100 meter,” jelas Ridwan. Untuk itu, kita berharap warga tetap berhati-hati saat menghadapi cuaca saat ini.

Sementara kejadian pohon tumbang juga terjadi yang menutupi sebahagian badan jalan Nasional lintasan Banda Aceh – Medan, persisnya di kawasan Gampong Seuneubok Seulimeum Aceh Besar.

Petugas Pemadam BPBD Aceh Besar Pos Lhoong pada saat intesitas hujan tinggi langsung melakukan patroli pengawasan dan pemantauan di daerah wisata pemandian sungai yang ada di kawasan tersebut.

Setelah menyusuri beberapa lokasi petugas menemukan kejadian adanya kendaraan bermotor roda dua milik masyarakat (Aisyah 14 th), warga Mon Mata yang terbawa arus sungai.

Ridwan Jamil, menegaskan petugas BPBD Aceh Besar bersama masyarakat melakukan penyisiran di sepanjang arus sungai tersebut dan pada akhirnya ditemukan oleh petugas telah terseret sejauh 100 meter dalam keadaan rusak berat.

Untuk pohon tumbang di Gampong Seulimeum, Kecamatan Seulimeum, juga setelah mendapatkan informasi petugas langsung menuju ke lokasi kejadian untuk melakukan penanganan dan pembersihan.
Selanjutnya usai penanganan pembesihan pohon tumbang berhasil dilakukan oleh petugas pos Seulimuem dan lalulintas kembali normal. (Slm)