Aceh Besar Ikut Peringatan HUT ke-19 Tagana 2023 di Sumatera Barat

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH

KABARACEHONLINE.COM, KOTA JANTHO: Kepala Dinas Sosial Kabupaten Aceh Besar Bahrul Jamil,S.Sos,M.Si, beserta jajaran dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) hadir mewakil Pemerintah Kabupaten Aceh Besar pada puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19 Tagana dan HUT ke 27 Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tahun 2023 di Sumatera Barat.

Pada kesempatan itu, Menteri Sosial Republik Indonesia, DR. (H.C) Ir. Hj. Tri Rismaharini, MT menjadi pembina upacara San tiaji di halaman Kantor Bupati Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat yang ikuti oleh seluruh perwakilan Tagana Indonesia.Puncak acara HUT Tagana dan HLUN berlangsung, Minggu (28/5/2023) malam.

Turut juga hadir, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharulllah, Bupati Dhamasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE, Kadis Sosial Provinsi Sumatera Barat, Arry Yuswandi, SKM MKM, dan diikuti oleh Tagana se Indonesia

Begitu juga Menteri Sosial Tri Rismaharin memimpin serimonial San tiaji ditandai dengan menyalakan api unggun peringatan HUT Tagana tahun ini dengan mengambil tema “Tagana berani untuk Resi aliansi masyarakat dalam penangganan bencana”.

“Kegiatan HUT ke 19 Tagana tahun ini dapat menjadi ajang kiprah nyata para perwakilan Tagana dari seluruh provinsi di Indonesia dengan pemangku jabatan lainnya baik pemerintah maupun non pemerintah bersinergi dalam penanggulangan bencana,” katanya.

Dalam amanatnya, Menteri Sosial Tri Rismaharini mendorong anggota Tagana tetap mempertahankan jiwa sosial dalam melaksanakan tugas-tugas sebagai relawan kebencanaan. Menurut Risma, membangun pemikiran kerja-kerja kebencanaan bukanlah sekedar tranksaksional.

“Saya berharap tagana ini tenaga yang mereka berangkatnya dari hati. Jadi mereka dididik tidak pernah hitung,” ucap Risma.

Lebih lanjut, ia pun berharap banyak masyarakat di Indonesia yang berjiwa seperti para Tagana, bekerja tanpa pamrih. Utamanya ketika membantu masyarakat ketika dalam situasi kebencanaan.

Dalam kegiatan itu Kadis Sosial Aceh Besar Bahrul Jamil yang memimpin kontingen Aceh Besar turut didampingi Kabid Linjamsos Munawar SKM M.Si, Ketua FK Tagana Aceh Besar Ridwan MK dan sejumlah anggota Tagana lainnya.

Kadis Sosial Aceh Besar atau akrab disapa BJ pada kesempan itu, terus berharap agar Tagana terus berkontribusi bagi upaya dan kerja kemanusiaan. “Kita akui Tagana tanpa kenal lelah dan juga tanpa pamrih dalam bekerja untuk melakukan pertolongan, khususnya saat bencana,” tutur BJ. (slm)

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI