Penari Sanggar Nurul Alam Meriahkan Pembukaan TTG XXIV Aceh di Kota Jantho

KABARACEHONLINE.COM: Penampilan Tarian Kolaborasi Aceh Lhee Warna dari Sanggar Nurul Alam Banda Aceh meriahkan Pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XXVI Provinsi Aceh tahun 2023 yang berlangsung di Lapangan Jantho Sport City (JSC), Kota Jantho, Aceh Besar, Selasa (30/05/2023) malam.

Pembina Sanggar Nurul Alam T. Fadli Isda mengatakan, Tarian yang ditampilkan pada pembukaan TTG Aceh XXIV menggambarkan tentang kebiasaan masyarakat Aceh pesisir yang sebagian besar kegiatannya nelayan dan petani.

Pertunjukan itu di kolaborasi dengan tarian lhee warna yang memiliki artinya Kuning artinya raja, Merah artinya pahlawan dan hijau artinya syariat islam.
“Karena, pada masa Raja Sultan Iskandar Muda, makna dari tiga warna tersebut adalah simbol dari kerajaan Aceh,” katanya

T. Fadli Isda menjelaskan, Tari kolaborasi Aceh Lhee Warna yang pada dasarnya tidak terlepas dari tradisi keseharian masyarakat Aceh pesisir pada umumnya.

“Dalam hal ini, menunjukan Kebiasaan,kebersamaan dan kekompakan para laki laki dan perempuan saling gotong royong dalam menjalankan kehidupan sehari hari,” jelasnya

Penyelenggaraan event Teknologi Tepat Guna (TTG) yang digelar di Jantho Sport City Kota Jantho akan berlangsung sejak tanggal 30 sampai 02 Juni 2023.

TTG adalah pameran yang melibatkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta pameran peralatan produk teknologi buatan lokal dari masing-masing Kabupaten/kota di Aceh.(Slm

Related posts