Ribuan Warga Aceh Besar Padati Arena Pembukaan TTG ke-24 Aceh di JSC Kota Jantho

24/05/2024

KABARACEHONLINE.COM, KOTA JANTHO: Ribuan warga Aceh Besar dan sekitarnya terpantau memadati arena pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) ke 24 tingkat Provinsi Aceh di Komplek Jantho Sport City (JSC), Kota Jantho, Aceh Besar, Selasa 30/05/2023) malam.

Menurut pantauan Tim Media Center Aceh Besar, ribuan warga itu terlihat memadati sekeliling panggung utama pelaksanaan TTG XXIV Aceh di Komplek Jantho Sport City sejak usai shalat maghrib.

Begitu juga, jalan menuju pelaksanaan kegiatan itu tepatnya di jalan Gampong Barueh Kecamtan Kota Jantho Kabupaten Aceh Besar terpantau macet. Karena masyarakat berduyun-duyun ikut menyaksikan pembukaan Gelar TTG ke 24 Provinsi Aceh.

Seperti diketahui, Kabupaten Aceh Besar menjadi tuan rumah pelaksanaan TTG Aceh ke-24 tahun 2023. Kegiatan ini berlangsung mulai 30 – 02 Juni 2023 dan acara tersebut dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Aceh Achmad Marzuki yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Aceh, Ir Mawardi.

Selain itu, pelaksanaan Gelar TTG ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi di pedesaan. Apalagi, acara Gelar TTG ini mengedepankan teknologi berbasis sederhana dan mudah diterapkan oleh masyarakat.

Sehingga melalui kegiatan ini tentunya dapat mencari dan menemukan alat teknologi guna menunjang perekonomian masyarakat Aceh,” kata Carbaini SAg, Kepala DPMG Aceh Besar.

Usai pembukaan disel-sela peninjauan arena pameran dan bazar, Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, SSTP, MM, didampingi Pj Ketua TP-PKK Aceh Besar, Cut Rezky Handayani SIP MM menjelaskan, sebagai tuan rumah, Kabupaten Aceh Besar sudah sejak beberapa bulan yang lalu mempersiapkan untuk menyukseskan event bergengsi tingkat Provinsi Aceh ini dengan tema yang diusung “Meningkatkan Ketahanan Pangan dan Penurunan Stunting Melalui Pemanfaatan Alat Teknologi Tepat Guna”.

Pemerintah Kabupaten Aceh Besar mengajak semua pihak untuk menyukseskan pelaksanaan Gelar Teknologi Tepat Guna Provinsi Aceh di Kota Jantho tahun ini.

Mengingat kegiatan tahunan yang sedang kita laksanakan ini begitu penting dalam rangka memasyarakatkan inovasi hasil teknologi tepat guna dan peningkatan denyut ekonomi masyarakat dan UMKM yang tersebar di seluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Aceh,” ujarnya.

Teknologi Tepat Guna ini juga menjadi motivasi bagi semua pihak untuk mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat gampong melalui berbagai inovasi yang berbasis kearifan lokal. “Dengan demikian dapat meningkatkan ketahanan pangan dan dapat bermanfaat guna penurunan angka stunting,” demikian Muhammad Iswanto. (Slm)