Penuhi Kebutuhan Jelang Idul Adha, Warga Lamteungoh Antusias Belanja di Pasar Murah

24/05/2024

KOTA JANTHO, KABARACEHONLINE.COM: Guna memenuhi kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Adha, 1444 H, ratusan warga Lamteungoh Kecamatan Peukan Bada Aceh Besar, antusias berbelanja di Pasar Murah yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, melalui Dinas Pangan yang bekerja sama dengan Perum Bulog Kanwil Aceh di Komplek Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Gampong Lamteungoh, Kecamatan Peukan Bada, Kamis (8/6/2023).

Antusiasme warga Lamteungoh saat mendatangi pasar murah dikarenakan barang-barang yang dijual di pasar murah ini juga lebih murah dari harga yang ada di pasaran.

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto S.STP, MM melalui Kepala Dinas Pangan Aceh Besar Ir. Fuadi Akhmad menyampaikan, pelaksanaan pasar murah merupakan program strategis Pemkab dalam rangka stabilisasi harga pangan serta pengendalian inflasi.

“Sesuai arahan Pak Pj Bupati, kita di Aceh Besar ada 20 lokasi pasar murah yang digelar hingga 20 Juni mendatang. Sasaran kita kepada masyarakat kurang mampu dan tentunya untuk penekanan angka inflasi saat ini di Aceh Besar,” katanya.

Fuadi berharap agar pasar murah yang digelar oleh Pemkab tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Aceh Besar secara menyeluruh. Sehingga kebutuhan rumah tangga masyarakat terpenuhi saat menjelang lebaran.

Hal senada juga disampaikan oleh Koordinator Lapangan Perum Bulog Kanwil Aceh Rendi Ramadhan, selama tiga hari ini pasar murah yang dilaksanakan di Aceh Besar sangat lancar dan aman.

Walaupun ada beberapa daerah yang menjadi kendala pada antrian, tapi dengan dibantu kawan-kawan dari Dinas Pangan Aceh Besar, dapat teratasi.

“Alhamdulillah selama tiga hari ini Antusias masyarakat yang ingin belanja di pada pasar murah sangat luar biasa, dan terkait antrian kita menggunakan sistem kupon sehingga tidak berdesakan, meskipun ada kendala pada antrian, tapi itu juga presentasenya sangat kecil,” imbuhnya.

Rendi mengatakan untuk harga satu paket diual seharga Rp. 157.000 dengan rincian beras 5 kg Rp. 40.000, minyak goreng 2 liter Rp. 30.000, gula pasir 2kg Rp. 20.000, telur 1 lempeng (30 butir) Rp. 46.000, cabai merah 1/2 kg Rp. 8.000, dan bawang merah 1/2 kg Rp. 13.000. “Harga tersebut sudah disubsidi oleh Pemkab Aceh Besar,” katanya.

Salah seorang warga Lamteungoh Yanti (34), mengatakan kegiatan pasar murah tersebut sangat membantu dirinya, dengan harga yg lebih murah dia mendapatkan kebutuhan pokok keluarganya. “Semoga terus diadakan, dan lebih diutamakan di daerah terpencil,” ucapnya.

Warga lainnya yang ikut membeli di Pasar murah Rosmawardani (57) mengucapkan terimakasih kepada Pemkab dan Perum Bulog yang sudah menggelar pasar murah di gampongnya.

“Kami sangat senang dengan kehadiran pasar murah ini, semoga kedepan kegiatan ini lebih ditingkatkan lagi,” ujarnya usai membeli satu paket sembako pada pasar murah.

Sementara seorang warga lain Syarbani (43) mengatakan pasar murah tersebut sangat bermanfaat dan membantu masyarakat karena untuk hari ini harga pangan dipasar yang sangat mahal.

Kegiatan tersebut selain dihadiri Kadis Pangan Aceh Besar dan Perum Bulog Kanwil Aceh, juga dihadiri Camat dan Forpimcam Peukan Bada, Keuchik dan perangkat Gampong Lamteungoh beserta warga. (Slm)