Pj Bupati Aceh Besar: Pengurusan Adminduk di Aceh Besar Terus Meningkat

23/05/2024

KOTA JANTHO, KABARACEHONLINE.COM: Hingga saat ini pengurusan administrasi kependudukan (Adminduk) masyarakat Aceh Besar terus mengalami peningkatan.

Benar saat ini anak-anak SMA sudah mulai libur untuk mengurus administrasi untuk keperluan kuliah dan lainnya,” kata Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM, melalui Suriani, Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk, Disdukcapil Aceh Besar, di Kota Jantho, Rabu (21/6/2023).

Ia mengatakan, apalagi tahun depan akan ada pemilihan umum yang mana perlu update data pemilih.

Jadi, kita tidak hanya sekedar menunggu, tapi juga melakukan jemput bola dengan melakukan perekaman KTP di sekolah-sekolah, ” katanya

Menurut Suriani, setiap tahun data penduduk terus mengalami peningkatan, itu karena pengurusan KTP bagi pemilih pemula tidak hanya di Jantho, tapi ada beberapa tempat di Kecamatan termasuk di Mall Pelayanan Publik (MPP) Lambaro.

Sedangkan untuk pengurusan KTP sudah ada di beberapa Kecamatan, jadi, saat ini lebih mudah, karenanya setiap tahun terus meningkat datanya,” ujarnya.

Namun, menurut Suriani ada beberapa kendala yang dihadapi oleh petugas di lapangan, seperti jaringan atau peralatan yang terbatas.

“Kita hanya mampu memperbaiki hal-hal yang demikian, karena memang peralatan terbatas dan lokasi kita yang kadang terbatas jaringan internet itulah kendala dasar yang kita hadapi,” jelas Suriani.

Ia berharap agar seluruh masyarakat Aceh Besar untuk segera mengurus adminduk dimanapun berada.

“Tidak mesti ke Jantho, dimanapun kita bisa urus data adminduk, jadi, jangan tunda lagi, karena data ini penting untuk pembangunan Aceh Besar yang merata. Ada di UPTD Sukamakmur, Peukan Bada, Darussalam dan Ingin Jaya,” pungkasnya. (Slm)