Bertekad Pertahankan Juara Umum, Pemkab Aceh Besar Gelar TC Qari dan Qariah MTQ ke-36 Aceh

24/05/2024

KOTA JANTHO, KABARACEHONLINE.COM: Pemerintah Kabupaten Aceh Besar bertekad untuk kembali mendulan status sebagai Juara Umum di MTQ ke-36 Aceh yang akan berlangsung di Simeulue, Oktober tahun ini.

Dalam kaitan itu, melalui Dinas Syariat Islam Aceh Besar akan menggelar Training Center (TC) atau Pelatihan Terpusat untuk mempersiapkan para Qari dan Qari’ah yang akan diterjunkan pada ajang MTQ tingkat Provinsi Aceh itu.

Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Besar Rusdi SSos M.Si melalui Kepala Seksi Musabaqah Tilawatil Qur’an Yusri SAg mengatakan, TC akan dilaksanakan pada bulan Agustus atau September, menjelang pelaksanaan MTQ pada Oktober 2023. “TC kita lakukan menjelang pelaksanaan MTQ, paling tidak bulan Agustus atau September 2023,” sebut Yusri, Rabu (6/7/2023).

Aceh Besar telah mempersiapkan 56 peserta hasil seleksi, dan akan mengikuti seluruh cabang yang akan diperlombangkan. “Insya Allah Aceh Besar akan mengikuti semua cabang yang akan diperlombankan,” ujar Yusri.

MTQ Aceh Ke-XXXVI Tahun 2023 di Kabupaten Simeulue direncanakan pelaksanaannya pada 10 lokasi, diantaranya Lapangan Pendopo Bupati Simeulue sebagai Arena Utama, Masjid Agung Tgk. Khalilullah, Masjid Baiturrahmah, Masjid Istiqamah, Masjid AT-Takrim, Aula SMKN 1 Simtim, Aula SMKN 2 Simtim, Aula SMAN 1 Simtim, Gudang Logistik BPBD, Gedung SRG Disperindagkop, dan Lahan Persiapan Simeulue Convention Centre (SCC) di Desa Linggi.

Sementara itu, secara terpisah Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto S.STP MSi berharap para Qari dan Qari’ah yang akan kembali membawa harum nama Aceh Besar pada event Provinsi nanti, harus betul-betul dipersiapkan, baik kemampuan secara materi lomba, mental maupun semangat untuk tampil.

Semua harus dipersiapkan dengan baik, agar peserta kita bisa tampil secara maksimal nantinya,” harap Yusri.(Slm)