Pj Bupati Aceh Besar dan Forkopimda Launching Pencanangan 10 Juta Bendera Merah Putih

24/05/2024

KOTA JANTHO, KABARACEHONLINE.COM: Penjabat Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S.STP MM bersama Kajari Aceh Besar Basril G SH MH, unsur Forkopimda, dan Kepala OPD lainnya melakukan pencanangan (launching) 10 juta Bendera Merah Putih di halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Senin (24/7/2023).

Pj Bupati Muhammad Iswanto mengajak seluruh masyarakat Aceh Besar turut mensukseskan gerakan 10 juta bendera merah putih dengan cara mengibarkan Bendera Merah Putih di rumahnya masing-masing untuk memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun 2023.

Pemasangan Bendera Merah Putih tidak hanya secara simbolik saja, namun perlu juga adanya internalisasi dan disikapi dengan rasa menjunjung tinggi makna kemerdekaan dan patriotisme.

Momentum kemerdekaan Republik Indonesia harus menjadi langkah awal untuk melakukan introspeksi diri. Berubah lebih baik, dan mampu menjadi sosok yang berkarakter dan berkepribadian yang selalu bermanfaat,” katanya.

Iswanto berharap, kegiatan ini akan meningkatkan rasa cinta kepada tanah air, bangsa dan negara, sekaligus menggugah rasa empati dan kepedulian terhadap sesama.

Point penting lainnya adalah bahwa kita harus bersatu padu, berkomitmen untuk bersama mendukung upaya-upaya pemerintah dalam menjaga persatuan dan kesatuan serta keutuhan NKRI.

Pencanangan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih merupakan bentuk dari bela negara yakni dengan tekad, sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dilaksanakan dengan mengibarkan Bendera Merah Putih selama bulan Kemerdekaan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Aceh Besar H Sofian SH kepada wartawan menjelaskan, Launching 10 Juta Bendera Merah Putih itu berlangsung serentak di seluruh Indonesia.

Di Aceh Besar, kita targetkan sebanyak 150.000 lembar bendera Merah Putih akan dibagikan dalam program ini. Pada prosesi pencanganan yang dilakukan Pj Bupati bersama Forkopimda, kita bagikan secara simbolis kepada perwakilan pemuda gampong yang ada di Kecamatan Kota Jantho,” jelas Sofian.

Selanjutnya, kegiatan ini juga akan berlangsung di 23 kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Besar. Diharapkan dukungan aktif para camat, keuchik, dan seluruh stakeholder, serta tokoh-tokoh masyarakat, sehingga pelaksanaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun 2023 ini akan lebih meriah dan sukses.(Slm)