Wakili Aceh, KIK Paya Tumpi Baru Raih Penghargaan KIM Aspiratif di KIMfest 2023 Nasional

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH

KABARACEH, SURABAYA: KIK Paya Tumpi Baru, mendapat prestasi gemilah di ajang KIMFest 2023 di Surabaya dengan meraih  salah satu penghargaan KIM) Aspiratif. Prestasi membanggakan ini diraih setelah berhasil menjadi yang terbaik dari 16 KIM dari seluruh wilayah di Indonesia yang berperan serta di ajang KIMFest 2023 tersebut.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Ditjen IKP Kementerian Kominfo, Dr. Hasim Gautama, diterima oleh Reje/Kepala Desa Paya Tumpi Baru, Idrus Saputra, S Pd didampingi oleh Kepwla Dinas Kominfo Kabupaten Aceh Tengah, Ir. Khairuddin Yoes, ST, MM dalam acara Penutupan KIMFest 2023, Sabtu malam (28/10/2023).

Kadis Kominfo Aceh Tengah, Khairuddin Yoes, keberhasilan ini merupakan buah dari sinergi semua pihak mulai dari persiapan hingga keikut sertaan dalam pelaksanaan KIMFest 2023 di Surabaya ini. Untuk itu, Yoes atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah terlibat langsung maupun tidak langsung dalam kegiatan tersebut.

“Mewakili Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, kami menyampaikan ucapan terima kasih dan oenghargaan setinggi-tingginya atas dukungan Bapak Kepala Dinas dan seluruh jajaran Diskominsa Aceh, jajaran Diskominfo Aceh Tengah, aparatur beserta masyarakat desa Paya Tumpi Baru dan semua pihak yang telah membantu mencapai kesuksesan ini” ungkap Yoes.

Lebih lanjut Yoes menyampaikan, keberhasilan ini menjadi kebanggaan bersama, bukan hanya masyarakat desa Paya Tumpi Baru saja, tapi seluruh masyarakat Aceh Tengah dan Aceh. 

Sementara itu, Reje Paya Tumpi Baru, Idrus Saputra mengatakan, KIK Paya Tumpi Baru dalam event tingkat nasional tersebut berupaya untuk melakukan yang terbaik dan sejak sebulan terakhir melakukan persiapan semaksimal mungkin. 

“Alhamdulillah, kali ini kita mendapatkan penghargaan sebagai KIM Aspiratif di KIMfest yang diikuti KIM seluruh Indonesia, ini tentunya membanggakan bagi Paya Tumpi Baru, Aceh dan Kabupaten Aceh Tengah. Prestasi ini akan menambah semangat KIK Paya Tumpi Baru untuk mencetak prestasi gemilang di masa depan selanjutnya”kata Reje yang dalam KIMfest ini memakai pakaian Kerawang Gayo khas Dataran Tinggi Gayo.

KIK Paya Tumpi Baru menampilkan berbagai produk-produk UMKM di Stand yang disedikan, yakni Jembolang, Cerutu SWY, Sirup Jeringku, Kerawang Gayo, Kopi Gayo Ahbab Coffee dan sejumlah produk UMKM Paya Tumpi Baru.

Promosikan dan Bagikan Kopi Gayo di KIMfest

Stand KIK Paya Tumpi Baru dalam kegiatan tersebut turut mempromosikan Kopi Gayo dan membagikan kopi-kopi gratis kepada para pengunjung KIMfest. Dipadati pengunjung stand KIK Paya Tumpi Baru mendapat antusias pengunjung di event ajang berkumpulnya KIM Nasional ini. 

Sembari menikmati cita rasa kopi Gayo, para pengunjung stand KIK Paya Tumpi Baru, juga menyaksikan dan mendapat penjelasan tentang produk-produk UMKM Paya Tumpi Baru yang dipamerkan. Stand KIK Paya Tumpi Baru yang hadir dengan nuansa khas Gayo terlihat ramai dikunjungi para pengunjung. 

 KIK Paya Tumpi Baru menjadi delegasi Aceh, karena sebelumnya menjadi KIM terbaik seluruh Aceh berdasarkan penilaian dan evaluasi yang dilakukan oleh Diskominsa Aceh, beberapa waktu yang lalu.

Penilaian tersebut meliputi keaktifan KIM, optimalisasi pemanfaatan website desa untuk pengembangan ekonomi, terbinanya UMKM dengan beragam jenis usaha dan sinergi yang baik antara KIM dengan aparat desa dan masyarakat.

KIK Paya Tumpi Baru telah sejak lama aktif dan melakukan berbagai kegiatan dan telah meraih berbagai prestasi salah satunya sebagai pengelola Website Desa Terbaik di Aceh Tengah hingga menjadi KIM Terbaik di Provinsi Aceh.

Festival KIM tingkat Nasional yang akan digelar di Gedung Balai Pemuda, Alun-Alun Kota Surabaya dari tanggal 27 hingga 28 Oktober 2023 ini,  ditampilkan Kompetisi KIM, Booth UMKM, Booth Pelayanan Publik dan Hiburan bernuansa budaya daerah. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh provinsi di Indonesia. (ARS)

 

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI