Kadistan Aceh Besar Panen Perdana Kacang Panjang di Gampong Teurebeh

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH
Kadistan Aceh Besar, Jakfar, SP, MSi, melakukan panen kacang panjang milik kelompok tani binaan Dinas Pertanian yaitu Kelompok Tani Jroh Buet Dusun Paya sukon Gampong Teureubeh Kecamatan Kota Jantho, Selasa (7/11/2023). (Foto/Prokopim Aceh Besar)

KOTA JANTHO, KABARACEHONLINE.COM: Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Aceh Besar, Jakfar, SP, MSi, melakukan panen kacang panjang milik kelompok tani binaan Dinas Pertanian yaitu Kelompok Tani Jroh Buet Dusun Paya sukon Gampong Teureubeh Kecamatan Kota Jantho, Selasa (7/11/2023).

Menurutnya, lahan seluas 3 hektare tersebut itu sekali panen bisa mencapai 800 kilo hingga 900 kilogram.

Ini panen perdana, setelah 45 hari masa tanam, masih ada yang belum dipanen, kacang panjang ini akan terus dipanen selama 60 hari masa panen, jadi, ini merupakan hal yang luar biasa,” kata Jakfar.

Ia juga mengatakan, sebelumnya, Pemkab Aceh Besar melalui Distan memberikan bantuan pupuk cair jenis POC kepada kelompok yang diketuai Husaini itu.

Selain pupuk kita berikan bantuan bibit, inilah bibit yang kita berikan, alhamdulillah sukses dan mulai dipanen,” katanya.

Lebih lanjut, Jakfar menyampaikan langkah ini juga bagian dari komitmen Pemkab Aceh Besar dalam mendukung program ketahanan pangan untuk masyarakat.

Kacang panjang merupakan salah satu tanaman sayuran yang populer dalam kuliner Asia Tenggara dan Asia Timur. Kacang ini dimasak sebagai sayur atau dimakan mentah sebagai lalapan.

Kacang panjang ini mudah didapati di kawasan panas di Asia termasuk Aceh Besar.

Daunnya disebut dengan lembayung dan dapat diolah pula menjadi sayur, termasuk tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk masyarakat,” terangnya.

Ia menambahkan, ketahanan pangan penting untuk kesejahteraan masyarakat dan petani.

Pertambahan penduduk dan tingginya pertumbuhan ekonomi akan meningkatkan permintaan terhadap pangan, energi, dan air.

Ketahanan pangan merupakan suatu kondisi terpenuhinya kebutuhan pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan secara cukup, baik dari jumlah maupun  mutunya, aman, merata, dan terjangkau,” pungkasnya.

Turut bersama Kadistan Aceh Besar saat panen kacang panjang, Kabid Penyuluhan, Koordinator BPP dan para penyuluh pertanian BPP Kota Jantho.(Slm)

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI