Tari Guel Antarkan Aceh Tengah Meraih Penghargaan Terbaik PKA VIII

KABARACEHONLINE.COM, BANDA ACEH Kabupaten Aceh Tengah memperoleh prestasi gemilang dalam Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Ke-8 dengan menyajikan Tari Guel yang memukau dewan juri dan panitia. Penampilan memukau tersebut membuat Aceh Tengah meraih juara terbaik dari 18 kabupaten/kota se-Aceh.

Peserta Aceh Tengah, dengan nomor urut 23, berhasil menyita perhatian dalam malam puncak PKA Ke-8 yang diselenggarakan di Taman Budaya Aceh pada tanggal 10 November 2023. Tari Guel yang mereka sajikan sesuai dengan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) di Jakarta tahun 2016, menghadirkan unsur tradisi yang kental tanpa penambahan pernak-pernik atau alat musik tambahan.

Alat musik yang mengiringi penampilan mencakup vocalis, suling, gong, canang, dan gegedem. Pakaian khas Kerawang Gayo yang dikenakan peserta, seperti upuh ulen-ulen dan pakaian bermotif kerawang Gayo, turut menonjolkan keaslian tarian. Pelatih Tari Guel, Dahlan, menjelaskan bahwa penampilan tersebut mematuhi petunjuk teknis yang ditetapkan oleh panitia PKA Ke-8.

Koordinator tim, Wandi Gajo, bersama dengan para pengisi suara dan penari, seperti Mustafa, Zuhra, Ahmadi Melala, Jufri, Aldi, Arayan, dan Afiz. Gegedem Aldi, Arayan, Afiz canang dan Gong Frans Tosa, Pendi, Wafi dan Pengiring penari ada 7 Peteri Gayo diantaranya, Anggun, Ifah, Nia Biner, Nida, Kia dan Elvi, berhasil membawa Tari Guel menjadi sorotan malam itu. Penampilan kontingen Aceh Tengah ini tidak hanya memenangkan penghargaan terbaik, tetapi juga mendapatkan plakat dan dana pembinaan sebesar Rp. 7.000.000,-.

Keberhasilan ini mencerminkan komitmen Kabupaten Aceh Tengah dalam melestarikan dan mempromosikan kekayaan budaya, serta kemampuan tim Tari Guel dalam mempertahankan keaslian tradisi dalam kompetisi bergengsi ini.| REL

Related posts