Jumadi Selian Ditetapkan Secara Aklamasi Menjadi Ketua SKKAT

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH
Ketua SKKAT Periode 2023-2028 Jumadi Selian (kanan baju hitam) dan Muslim Wijaya, ketua lama (kiri baju putih), usai pengukuhan di Medan, Minggu 26 November 2023. | Foto/ Dok SKKT)

MEDAN, KABARACEHONLINE: Perkumpulan Masyarakat Aceh Tenggara di Medan, Sumatra Utara, yang tergabung dalam Sepakat Segenap Keluarga Kutacane Aceh Tenggara (SKKAT), Minggu 26 November 2023, mendapuk Jumadi Selian sebagai ketua baru Periode 2023-2028.

Acara pengukuhan Ketua SKKAT yang baru itu berlangsung akrab dan penuh kekeluargaan di kediaman Achyar Zein, guru besar UINSU, kawasan perumahan Pinang Baris, Kacamatan Medan Sunggal.

Sahri Amri, Sekretaris SKKAT, menjelaskan penetapan secara aklamasi dan pengukuhan Jumadi Selian sebagai Ketua SKKAT sudah melalui mekanisme organisasi perkumpulan keluarga Aceh Tenggara yang non partisan ini. “Semua sudah sepakat menunjuk Jumadi Selian untuk menggantikan Bapak Muslim Wijaya,” kata Sahri yang memandu acara hingga selesai.

Dalam acara yang dibungkus arisan keluarga bulanan itu, Sahri juga menyebutkan susunan lengkap Pengurus SKKAT Periode 2023—2028 terdiri dari Dewan Pembina Ali Basrah, Armen Deski dan Letkol Inf Sri Marantika Beruh.

Sedangkan pengurus harian, sebut Sahri, terdiri dari Ketua Jumadi Selian, Ketua Harian Datuk Pantan, Sekretaris Sahri Amri Edi Selian, Bendahara-I,II Darmayanti dan Fauziah.

Menurut Sahri, SKKAT sudah berdiri sejak 1968. Ketua pertamanya adalah Jumadin Beruh (almarhum). Pendiri perkumpulan ini adalah Alm Kolonel H Syahadat Deski, mantan Bupati Aceh Tenggara pertama, Alm Samadun Bangko, Alm Kolonel Jabar Kombih, Alm H Hadin Ramud, Alm H Adun Sekedang, Alm Sanusi Bangko, dan Alm Abdul Rahman Selian.

Tujuan SKKAT dibentuk untuk menjalin hubungan tali silaturrahmi sesama warga Aceh Tenggara perantau. “SKKAT juga menjadi orang tua yang mengayomi adek-adek pelajar dan mahasiswa Aceh Tenggara yang ada di Kota Medan,” ujar Sahri.

Jumadi Selian, Ketua SKKAT yang baru, dalam pidato perdananya mengajak masyarakat Aceh Tenggara di rantau untuk terus meningkatkan dan mempererat hubungan silaturrahim, khususnya sesama anggota keluarga SKKAT. “Kita berharap SKKAT ke depannya bisa lebih maju lagi,” kata Jumadi Selian yang kini bertugas di Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi (BPKP) Aceh, di Banda Aceh.

Dalam acara itu, Sahri juga mengenalkan sosok putra Aceh Tenggara yang sukses di Medan, Burhanuddin (Si Anak Tukang Roti), yang kini tengah berjuang menjadi Caleg PKB untuk DPR-RI Sumut-1, Dapil Medan, Deli Serdang, Sergei dan Tebing Tinggi.

“Kita doakan putra terbaik dari Aceh Tenggara ini bisa terpilih nantinya,” kata Sahri penuh semangat. []

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI