15 SKPA Terima Anugerah Inovasi Aceh

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Aceh, Ir. Mawardi, mewakili Pj Gubernur Aceh menyerahkan penghargaan untuk Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) yang melahirkan kebijakan dan program inovatif dalam acara Anugerah Inovasi Aceh, di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Jum’at, (8/12/2023). (Foto/HUMAS ACEH)

BANDAACEH, KABARACEHONLINE.COM: Sebanyak 15 Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) yang dinilai memiliki kebijakan dan program kerja yang inovatif terhadap pelayanan publik, menerima Anugerah Inovasi Aceh Tahun 2023. Total ada 39 inovasi kerja dan pelayanan dari kelima belas instansi di bawah Pemerintah Aceh itu yang menjadi konsiderans penerimaan Anugerah Inovasi.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Pj Gubernur Aceh yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Aceh, Mawardi, kepada para Kepala SKPA penerima anugerah inovasi Aceh, dalam sebuah acara di Anjong Mon Mata Komplek Meuligoe Gubernur, Jumat, (8/12/2023).

Kegiatan Anugerah Inovasi Aceh Tahun 2023 itu digelar oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh.

Selain memberikan penghargaan untuk 15 SKPA yang memiliki inovasi program pelayanan, Bappeda Aceh juga memberikan penghargaan khusus untuk lima inovasi terbaik diantara semuanya kepada empat SKPA. Keempat SKPA dengan inovasi terbaik tersebut secara berturut dari yang terbaik adalah Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Badan Kepegawaian Aceh, RSUDZA, dan Bappeda Aceh.

Kemudian penghargaan secara khusus juga diberikan kepada Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA) sebagai SKPA yang memiliki inovasi pelayanan kerja dan kesehatan paling banyak diantara 14 SKPA lainnya.

Dalam sambutannya Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Aceh, Mawardi, menyampaikan apresiasi kepada para 15 Kepala SKPA dan Biro Setda Aceh beserta jajaran yang telah dan terus berupaya melakukan pembaharuan yang inovatif di segala sektor sesuai dengan wewenang dan tanggungjawabnya.

“Inovasi Daerah merupakan sarana pemerintah untuk mendorong terciptanya penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan masyarakat yang lebih produktif, efisien dan efektif,” ujar Mawardi.

Mawardi mengatakan, salah satu isu penting Aceh saat ini adalah masih dihadapkan dengan persoalan seperti kemiskinan, pengangguran, taraf pendidikan, kesehatan, inflasi, serta berbagai persoalan lainnya. “Kondisi tersebut menunjukkan bahwa semua unsur yang hadir disini turut bertanggungjawab dan bersama bergandengan tangan melakukan terobosan dan inovasi di berbagai dimensi yang merujuk kepada penurunan jumlah penduduk miskin, pengendalian inflasi, peningkatan taraf pendidikan dan kesehatan, serta menjamin tersedianya lapangan pekerjaan, ” sebut Mawardi.

Dalam kesempatan itu, Mawardi mengajak semua pihak berkomitmen untuk menghasilkan dan menularkan inovasi setiap tahun untuk mendukung kemajuan Aceh di masa depan. Sementara itu, Kepala Bappeda Aceh melalui Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan, Dr. Ir. Ema Alemina, MP, menjelaskan, penyelenggaraan kegiatan Anugerah Inovasi Aceh Tahun 2023 itu didasarkan pada sejumlah peraturan pemerintah mulai dari peraturan Menteri Dalam Negeri hingga Peraturan Gubernur tentang pemberian penghargaan inovasi daerah sebagai upaya percepatan dalam mendukung daya saing daerah.

Ema menyebutkan, pemberian anugerah inovasi Aceh itu dilakukan melalui pengukuran dan penilaian terhadap seluruh SKPA melalui sejumlah tahapan. Diantara tahapan tersebut adalah Bimtek pengukuran dan penilaian inovasi SKPA dan penilaian presentasi inovasi SKPA.

Berikut 15 SKPA penerima Anugerah Inovasi Aceh Tahun 2023 :

1. Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin
2.Dinas Kesehatan Aceh
3.Dinas Pendidikan Aceh
4. Dinas Sosial Aceh
4. Badan Kepegawaian Aceh
6. Bappeda Aceh
7. Sekretariat Baitul Mal Aceh
8.Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh
9. Dinas Registrasi dan Kependudukan Aceh
10. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong
11. Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh
12. Dinas Perhubungan Aceh
13.Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu
14.Dinas Perpustakaan dan Arsip Aceh
15.Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Aceh. []

Related posts