Pj Bupati Aceh Besar Deklarasi Kecamatan ODF di Lhoknga

Pj. Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM mendeklarasi Open Defecation Free (ODF) Stop Buang Air Besar Sembarangan di Halaman Kantor Camat Lhoknga, Aceh Besar, Senin (18/12/2023). (Foto/ MC Aceh Besar)

KOTA JANTHO, KABARACEHONLINE.COM: Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM mendeklarasi Open Defecation Free (ODF) Stop Buang Air Besar Sembarangan dengan tema “Ayo Terapkan Secara Berkelanjutan 5 Pilar STBM untuk kelangsungan Generasi Milenial” peresmian tersebut ditandai dengan penabuhan rapai, yang berlangsung di Halaman Kantor Camat Lhoknga, Aceh Besar, Senin (18/12/2023).

PJ Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto dalam sambutannya menyampaikan, apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Deklarasi Kecamatan Open Defecation Free (ODF) Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di Kecamatan Lhoknga.

Karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa Deklarasi ODF ini merupakan bagian dari upaya kita menjaga kebersihan lingkungan dan mutu kesehatan,” katanya.

Kesehatan menjadi salah satu faktor penting dalam kesejahteraan dan kemajuan suatu daerah, Deklarasi ODF ini merupakan perwujudan dari perilaku hidup sehat.

Kesejahteraan dan kemajuan suatu daerah termasuk Gampong juga dipengaruhi oleh berapa faktor, diantaranya adalah faktor pendidikan dan kesehatan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, faktor kesehatan tidak terlepas dari perilaku hidup sehat masyarakat, diantaranya dengan mendeklarasikan diri bahwa masyarakat kecamatan Lhoknga akan menjaga kesehatan dengan tidak buang air besar sembarangan.

Karena buang air besar sembarangan bukan hanya merugikan diri sendiri, tapi, juga masyarakat sekitar,” jelas Muhammad Iswanto.

Akhir sambutannya, Muhammad Iswanto mengapresiasi pihat PT SBA yang telah memberikan bantuan Jamban sehat untuk warga Lhoknga.

Ini sangat luar biasa, karena ODF belum dideklarasikan, tetapi pihak PT SBA sudah duluan memberikan 8 unit bantuan Jamban sehat kepada masyarakat Lhoknga.

Sekali lagi saya ucapkan terima kasih, mudah-mudahan kerja sama ini terus dapat berlanjut untuk mewujudkan Aceh Besar sehat,” pungkas Iswanto.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar Anita SKM MKes menyebutkan, Kecamatan Lhoknga merupakan Kecamatan yang ke empat yang mendeklarasikan ODF di Kabupaten Aceh Besar dan mudah-mudahan Deklarasi Gampong ODF ini bisa memberikan manfaat bagi semua masyarakat di Kecamatan Lhoknga.

Karena tujuan dari Deklarasi ODF itu untuk mengubah mindset atau pola pikir masyarakat terhadap perilaku hidup sehat, apalagi terkait buang air besar disembarangan tempat,” sebutnya.

Ia menyebutkan, di Kabupaten Aceh Besar pada tahun 2012 masih fokus pada satu pilar yaitu Stop buang air besar sembarangan tempat. Namun dengan adanya peraturan Bupati (perbup) No 19 tahun 2013 tentang program sanitasi total berbasis masyarakat (STBM).

Untuk diketahui bersama, sampai saat ini ada 372 gampong yang sudah terverifikasi ODF, 40 Gampong yang mengklaim ODF dan 90 Gampong yang sudah mendeklarasi ODF.

“Dan hari ini Kecamatan Lhoknga merupakan Kecamatan ke 3 yang melakukan mendeklarasikan ODF setelah Kecamatan Lembah Seulawah dan Blang Bintang. Semoga kedepan 20 Kecamatan lagi akan segera menyusul untuk melaksanakan deklarasi ODF ini,” tuturnya.

Ia menuturkan, Dinas Kesehatan Aceh Besar dan Puskesmas untuk ke depan akan terus berupaya untuk mendeklarasikan ODF dan STBM kepada masyarakat Aceh Besar.

Kedepan ada 20 Puskesmas yang akan mendeklarasikan ODF dan STBM kepada masyarakat dan mudah-mudahan pada tahun 2024 semua Kecamatan di Kabupaten Aceh Besar bisa kita Deklarasikan ODF dan Deklarasi STBM,” tuturnya.

Disamping itu, Camat Lhoknga Salamuddin MZ SE mengatakan, Kecamatan Lhoknga  terdiri atas 28 Gampong yang akan melaksanakan deklarasi gampong open defecatioan free (ODF) yaitu masyarakat tidak buang air besar sembarangan tempat. ” Atas nama masyarakat lhoknga kami memberikan apresiasi dan penghargaan sebesar besarnya kepada seluruh Keuchik dan tokoh masyarakat yang sudah bahu membahu dalam mewujudkan kecamatan ODF,” katanya.

Diakhiri kegiatan deklarasi Open Defecation Free (ODF) Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM menyerahkan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Aceh Besar kepada PT Solusi Bangun Andalas. (Slm)

Related posts