Disdik Dayah Aceh Besar Perkuat Program Kerja dengan Provinsi

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH
Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Besar menjalin sinkronisasi untuk memperkuat program kerja dengan Dinas Pendidikan Dayah Provinsi Aceh. Pertemuan tersebut berlangsung di Kantor Disdik Dayah Aceh di Jln Pocut Baren, Kuta Alam Banda Aceh, Rabu (31/01/2024) (Foto/ MC Aceh Besar)

BANDAACEH, KABARACEHONLINE.COM: Dalam rangka peningkatan kapasitas dan memperkuat sumber daya manusia di dayah-dayah dan pesantren, Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Besar menjalin sinkronisasi untuk memperkuat program kerja dengan Dinas Pendidikan Dayah Provinsi Aceh. Pertemuan tersebut berlangsung di Kantor Disdik Dayah Aceh di Jln Pocut Baren, Kuta Alam Banda Aceh, Rabu (31/01/2024) siang.

Kadisdik Dayah Aceh Besar Abu Bakar S.Ag mengatakan pertemuan dengan Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh merupakan bagian dari komunikasi yang harus dilakukan secara berjenjang yang bertujuan untuk memperkuat pelaksanaan program kerja kedinasan khususnya dalam hal pelayanan untuk dayah hingga persiapan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) yang ada disana.

Kita menjalin koordinasi hingga singkronisasi penguatan program kerja, program di provinsi bisa dilaksanakan di Aceh Besar nantinya,” katanya.

Ia mengatakan kunjungan tersebut juga sebagaimana arahan arahan Penjabat Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto untuk memperkuat kolaborasi dan dukungan antar instansi pemerintah serta untuk memaksimalkan pelayanan Dayah di Kabupaten Aceh Besar.

Abu bakar mengaku mendapat sambutan yang hangat saat dijamu Kadisdik Dayah Aceh Dr. Munawar A Jalil di ruang kerjanya yang turut didampingi beberapa kepala bidang terkait.

“Sebagai daerah penyangga Ibukota dan memiliki cukup banyak Dayah dan pesantren yang berkembang, kita meminta agar diberikan peluang-peluang bantuan untuk Dayah dan kegiatan kolaborasi lainnya,” ujar Abu.

Peluang yang dimaksud antara lain kerjasama dengan kepolisian untuk prioritas penerimaan anggota dari lulusan Dayah

“Pak Kadis Munawar tadi menyampaikan peluang kerjasama dengan Polri dalam rangka prioritas penerimaan anggota dari jalur khusus lulusan Dayah,” imbuhnya.

Disdik Dayah Aceh Besar Abu Bakar mengharapkan bantuan Disdik Dayah Aceh untuk mendukung peningkatan kapasitas life skill bagi santri di Dayah, berupa pelatihan yang dapat meningkatkan penghasilan secara ekonomi.

“Santri kita harapkan tidak hanya bisa mengaji dan khutbah, tetapi juga memiliki keahlian dan skill masing-masing tergantung bakat dan minatnya, maka dukungan adanya pelatihan dan kursus sangat dihatapkan, khususnya di Aceh Besar,” harap Abu Bakar.

Kadisdik Dayah Provinsi Aceh Munawar A Jalin mengaku kerjasama dan dukungan Dinas Pendidikan Dayah di Kabupaten/Kota merupakan keniscayaan yang harus berjalan dengan baik, karena sasaran program dan kegiatan akan dilaksanakan pada Dayah yang ada di daerah.

“Maka komunikasi yang baik dan inten sangat kita harapkan agar terjalinnya kolaborasi program kerja yang baik, optimal dan tepat sasaran,” imbuhnya. (Slm)

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI