Danau Aneuk Laot Sabang Jadi Pusat Perlombaan Pacu Jalo

Peserta lomba pacu perahu tradisional Sabang Marine Festival 2024 di Danau Aneuk Laot, Sabang, Aceh, Minggu (3/3/2024)

SABANG, KABARACEHONLINE.COM: Perhelatan akbar Sabang Marine Festival 2024 menjadi moment dilaksanakannya lomba Pacu Jalo di Danau Aneuk Laot Sabang. Kegiatan dipusatkan di Taman Wisata Putro Ijo ini berhasil menyita perhatian masyarakat dan wisatawan Yacht.

Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi mengatakan, perlobaan Pacu Jalo ini harusnya menjadi agenda rutin yang bisa dilaksanakan. Ini merupakan salah satu tradisi lama yang dilakukan para nelayan di laut maupun di danau dalam mencari ikan.

“Ada sekitar 23 Tim yang bertanding pada har ini. Alhamdulillah dari peserta dan penonton sangat antusias menyaksikan perlombaan, bahkan para Yachter pun ikut menyaksikan,” kata Reza Fahlevi, Minggu, (03/03/2024)

Menurutnya, menjadikan sebuah atraksi budaya lokal akan menjadi sebuah daya tarik saat ini, tidak hanya dilirik oleh wisatawan dari mancanegara namun, juga akan menjadi tontonan yang menarik perhatian wisatawan lokal.

“Disamping hibutran untuk masyarakat, banyak hal lain yang akan terjadi apabila sebuah atraksi budaya dijadikan sebuah event, salah satunya adalah pelaku UMKM akan mendapatkan keuntungan dan perputaran ekonomi akan terjadi disitu,” terangnya.

Lebih lanjut Reza Fahlevi mengatakan, pihaknya akan melakukan hal yang sama dengan konsep baru ditahun depan, tentunya tujuan dari kegiatan ini adalah menjadikan Kota Sabang sebagai tujuan wisata dan menambah jumlah kdatangan wisatawan. []

Related posts