Sekda Aceh Besar Buka Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy

Sekda Aceh Besar Drs. Sulaimi saat pelatihan Digital yang berlansung di Gedung Dekranasda Aceh Besar kecamatan Ingin jaya Selasa(19/3_2024) (Foto/ MC Aceh Besar)

KOTA JANTHO, KABARACEHONLINE.COM: 120 pelaku UMKM Aceh Besar mengikuti pelatihan Digital yang berlansung di Gedung Dekranasda Aceh Besar kecamatan Ingin jaya Selasa(19/3_2024)

“Pelatihan Digital Entrepreneurship yang dikhususkan bagi para pelaku usaha adalah sebuah keniscayaan dalam rangka menjawab tantangan globalisasi saat ini,” ungkap Sulaimi dalam sambutannya.

Pelatihan DEA terselenggara atas kerjasama Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Aceh Besar dengan BBPSDMP (Balai Besar Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian) Kominfo Medan.

Sekda Aceh Besar Sulaimi mengatakan, program pelatihan pemasaran digital dasar ini diisi oleh para tutor digital marketing dari BBPSDMP Kominfo Medan, sehingga diharapkan kepada peserta agar mampu memanfaatkan kesempatan tersebut untuk meningkatkan pengetahuan digital marketing, digital desain dan digital promotion.

Ini adalah kesempatan emas dalam menggali talenta diri, sehingga tujuan program mencetak talenta digital di bidang UMKM terwujud, semoga nantinya dapat menerapkan ilmu digital desain, promotion hingga marketing dalam bisnis UMKM,” harapnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskominfo Aceh Besar Khairul Huda S.Kom MM mengatakan pelatihan yang dilakukan itu, bertujuan untuk mendorong UMKM di Indonesia dan dimulai dari daerah semakin berkembang, sehingga Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyelenggarakan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Digital Talent Scholarship 2024.

“Pelatihan ini sudah pernah juga dilakukan pada tahun lalu, Program Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Digital Talent Scholarship 2024 ini bekerjasama dengan Mitra Global Tech Company dan start-up lokal,” jelasnya.

Pelatihan tersebut tambahnya, akan dilaksanakan mulai 19 hingga 29 Maret 2024 secara bergelombang. Adapun pelatihan yang diberikan ada tiga bentuk yaitu Digital Entrepreneurship Academy (DEA), Thematic Academy (TA), dan Vocational School Graduate Academy (VSGA).

“Ada tiga bentuk pelatihan, yaitu Digital Entrepreneurship Academy (DEA), Thematic Academy (TA), dan Vocational School Graduate Academy (VSGA),” sebutnya.

Sementara itu, salah seorang pelaku UMKM Fitria mengaku banyak manfaat yang diperoleh pelaku UMKM jika sudah familiar menggunakan teknologi. Termasuk memanfaatkan internet untuk pemasaran produk.

“Pelatihan ini sangat relevan ya dengan metode digitalisasi, semua orang memegang gadget yang semua hal dimulai dari sana, baik informasi, promosi hingga pemasaran yang kita kenal penasaran digital, bayar pun sekarang bisa lewat alat eletronik,” tandasnya. (Slm)

Related posts