Dinas Pangan Aceh Besar Gelar Rapat Verifikasi Data PBP Tahap II

Dinas Pangan Kabupaten Aceh Besar, mengadakan rapat verifikasi dan validasi data penerima bantuan pangan Tahap II, di Aula Bappeda Kabupaten Aceh Besar, Kota Jantho, Kamis, 2 Mei 2024. (Foto/ MC Aceh Besar)

KOTA JANTHO, KABARACEHONLINE.COM: Dalam upaya memperkuat langkah-langkah untuk mengatasi kemiskinan dan mengendalikan inflasi, Dinas Pangan Kabupaten Aceh Besar, mengadakan rapat verifikasi dan validasi data penerima bantuan pangan Tahap II, di Aula Bappeda Kabupaten Aceh Besar, Kota Jantho, Kamis (2/5/2024).

Rapat tersebut bertujuan untuk memastikan keakuratan data sebelum Penyaluran Bantuan Pangan (PBP) kepada 40.169 penerima di Aceh Besar. Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pihak terkait, antara lain Manajer OPP Bulog Hafizhsyah, perwakilan dari Bappeda, Disdukcapil, dan Dinsos Kabupaten Aceh Besar, serta perwakilan dari PT Pos KCU Banda Aceh, yang merupakan mitra dalam pelaksanaan program tersebut.

“Rapat verifikasi dan validasi data ini sangat penting untuk memastikan bahwa bantuan pangan yang disalurkan tepat sasaran dan efektif dalam mengurangi kemiskinan serta menjaga stabilitas harga pangan di wilayah kami,” ungkap Kadis Pangan Aceh Besar Alyadi SPi MM.

Alyadi juga menambahkan bahwa perencanaan penyaluran bantuan pangan Tahap II periode April hingga Juni 2024 bertujuan untuk memastikan kelancaran distribusi. Kerjasama yang baik telah terjalin antara Bulog Kanwil Aceh dan PT. Pos Indonesia untuk tujuan tersebut.

“Jumlah penerima bantuan pangan berupa beras pada Tahap II, periode April-Juni, mencapai 40.169 jiwa dengan total beras sebanyak 401.690 kg/bulan. Hasil dari rapat verifikasi dan validasi data penerima telah disepakati,” jelas Alyadi.

Sementara itu, Manajer OPP Bulog Hafizhsyah berharap agar bantuan pangan dapat disalurkan pada awal bulan Mei 2024 untuk memastikan ketersediaan pangan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Langkah ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Kabupaten Aceh Besar dan menjadi salah satu upaya konkret dalam penanggulangan masalah pangan di daerah tersebut.

“Kerjasama dalam rencana penyaluran bantuan pangan periode April hingga Juni 2024 ini dapat menjamin kelancaran distribusi bantuan,” ujar Hafizhsyah.

Rapat tersebut menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam memberikan dukungan kepada masyarakat yang membutuhkan, khususnya dalam hal pemenuhan kebutuhan pangan. Langkah-langkah yang diambil diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Aceh Besar. (Slm)

Related posts