Deklarasi Dukung Mualem, Forum Gayo Alas Aceh Antara minta ini Jika Terpilih

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH
Tanda tangan butir-butir perjanjian kesepakatan Muzakir Manaf dan Forum Galasantara dalam Deklarasi dukungan terhadap Mualim sebagai Bakal Calon Gubernur Aceh Periode 2024-2029 di Banda Aceh yang digelar oleh Forum Gayo Alas Aceh Antara.(2/6/2024).

BANDA ACEH, KABARACEHONLINE.COM – Forum Gayo Alas Aceh Antara atau Galasantara mendeklarasikan Muzakir Manaf sebagai Bakal  Calon Gubernur Aceh periode 2024-2025 yang berlangsung di Amel Convention Hall, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh Minggu (2/6/2024) malam.

Dalam deklarasi tersebut, terdapat poin penting atau MoU antara Mualem atau Muzakir Manaf dengan Forum Galasantara.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum Forum Galasantara Wen Rimba Raya didampingi para anggota dan pengurus-pengurusnya.

Ketua Umum Galasantara, Wen Rimba Raya menyebutkan kelima poin MoU tersebut merupakan untuk kepentingan rakyat Gayo.

Pertama, meminta atau memperjuangkan kembali dana Otsus 2 persen dari nasional kepada presiden Republik Indonesia bapak Prabowo secara permanen selamanya di Aceh.

“Jadi Mualem harus ingat, dana otsus ini tanah Gayo yang pertama mendorong Mualem untuk mengusulkan kepada bapak Prabowo Subianto,” kata Wen Rimba Raya.

Kedua, Forum Galasantara meminta 1000 hektar perkabupaten perkebunan kopi rakyat dan coklat dan ini harus terjadi selama pemerintahan Mualem kedepan.

“Karena selama ini belum ada satupun pemerintah Aceh yang serius dalam membangun ekonomi masyarakat tanah Gayo. Untuk itu, di tangan Mualem ke depan, andaikata Allah memberi kesempatan memimpin tanah Aceh ini, kami meminta 1000 hektar perkabupaten perkebunan kopi rakyat dan coklat dan ini harus terjadi selama pemerintahan Mualem kedepan.

Ketiga, kami meminta prioritas orang-orang Gayo yang ada di Pemrintahan Aceh maupun di kabupaten kota, yang berada di ASN eselon III dan eselon dua, harus kembali lagi masuk dalam pemerintahan Mualem.

“Mohon maaf, memang yang sudah lama-lama itu, kualitasnya ya memang dibawah rata-rata. Mudah-mudahan ke depan memang menjadi lebih baik,” katanya.

Keempat, Forum Galasantara meminta sebuah kabupaten baru dengan nama Lokop Galasantara.

“Kami meminta mengangkat harkat dan martabat masyarakat Gayo yang ada di pedalaman seperti Lukup Serbejadi, Penarun, Sarah Gele, Kaloy, Pining, Samar Kilang dengan pembangunan prioritas sumber daya ekonomi dan sumber daya manusia agar terbebas dari kemiskinan dan ketertinggalan,” ujarnya. 

Kelima, Forum Galasantara meminta untuk generasi emas tanah Gayo adanya prioritas beasiswa.

Menanggapi hal itu, Muzakir Manaf menyambut hangat permintaan Forum Galasantara tersebut.

“Saya siap mewujudkan apabila terpilih sebagai Gubernur Aceh. Kuatasmu mupucuk lemi, kutuyuh mujantan tegep,” kata Mualem disambut tepukan tangan masyarakat.

Deklarasi dukungan kepada Mualem berlangsung meriah disela-sela Pentas Seni Gayo-Alas yang menampilkan yang menampilkan seni-seni dari empat kabupaten di wilayah tengah Aceh yang berkolaborasi. (ARS)

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI