Bunda PAUD Aceh Sosialisasi Program Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan di Calang

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH
Bunda PAUD Aceh, Mellani Subarni, didampingi Bunda PAUD Aceh Jaya Mahdalena, memantau dan mensosialisasikan penerapan program transisi dari PAUD ke sekolah dasar, di SDN 1 Calang, Rabu, 5 Juni 2024. (Foto/ Humas Aceh)

CALANG, KABARACEHONLINE.COM: Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Aceh, Mellani Subarni, mensosialisasikan program transisi belajar yang menyenangkan dari PAUD ke sekolah dasar, di SDN 1 Calang, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, Rabu, (5/6/2024).

Kedatangan Mellani di SDN 1 Calang didampingi Bunda PAUD Aceh Jaya Mahdalena, Kepala Dinas Kesehatan Aceh dr. Munawar, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh,  Meutia Juliana.

Dalam kesempatan itu, Mellani menjelaskan program transisi belajar yang menyenangkan dari PAUD ke SD yang dinstruksikan Pemerintah kepada pihak sekolah.

Mellani mengatakan, program transisi belajar yang menyenangkan dimulai sejak anak mendaftar masuk ke Sekolah Dasar.
Ia mengatakan, sekolah tidak lagi dibolehkan mengadakan tes membaca, menulis dan menghitung atau Calistung bagi anak yang akan masuk kelas 1 SD.

“Syarat Calistung tidak boleh lagi bagi anak yang mau masuk SD, syarat penerimaan murid baru adalah berdasarkan zonasi tempat tinggal,” kata Mellani.

Selanjutnya, kata Mellani, dua minggu pertama saat anak sudah mulai masuk ke sekolah difokuskan untuk pengenalan lingkungan sekolah. Ia meminta agar orangtua juga dilibatkan agar saat momen pertama masuk anak-anak tidak merasa takut di sekolah.

“Kemudian, pada kelas 1 dan 2 SD tidak boleh lagi dipaksakan anak-anak belajar membaca, menulis dan menghitung, tetapi anak-anak diajarkan belajar sambil bermain,” kata Mellani.

Mellani menjelaskan, pada tingkatan kelas 1 dan 2 metode pembelajaran pada murid difokuskan pada ajaran kematangan emosi, keterampilan bahasa dan sosial, pengenalan nilai agama, kematangan kognitif dan keterampilan merawat diri,” sebut Mellani.

Mellani berharap, program transisi belajar yang menyenangkan itu dapat diterapkan dengan lancar di Kabupaten Aceh Jaya.
Pada kesempatan yang sama, Mellani juga menyapa, mendampingi belajar serta membagikan makanan sehat kepada murid kelas 1 SDN Calang.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Jaya, Asy’ari, mengapresiasi kehadiran Bunda PAUD Aceh ke sekolah di Aceh Jaya. Ia mengatakan, pihaknya siap menjalankan arahan tersebut untuk diterapkan di lembaga pendidikan Aceh Jaya. []

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI