Pj Ketua TP PKK Aceh Besar Dampingi Pj Ketua TP PKK Aceh Kunjungi Sentra Kerajinan Songket di Krueng Kale

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH
Pj. Ketua Tim Penggerak Keluarga Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Aceh Besar Cut Rezky Handayani SIP MM, mendampingi Pj Ketua TP PKK Aceh Mellani Subarni, mengunjungi sentra kerajinan songket di Gampong Krueng Kale, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar, Selasa, 12 Juni 2024. (Foto/ MC Aceh Besar)

KOTA JANTHO, KABARACEHONLINE.COM: Dalam upaya mendukung pelestarian dan pengembangan kerajinan tradisional Aceh, Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Keluarga Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Aceh Besar Cut Rezky Handayani SIP MM, mendampingi Pj Ketua TP PKK Aceh Mellani Subarni, mengunjungi sentra kerajinan songket di Gampong Krueng Kale, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar, Selasa (12/6/2024).

Kunjungan ini bertujuan untuk melihat langsung proses pembuatan songket yang menjadi salah satu kekayaan budaya Aceh, khususnya Kabupaten Aceh Besar.

Juga sekaligus untuk memberikan dukungan moril dan materil kepada para pengrajin setempat. Dalam kunjungan tersebut, Mellani Subarni dan Cut Rezky Handayani berdialog dengan para pengrajin, termasuk Darliana, pemilik usaha Mutiara Songket yang telah lama berkecimpung dalam industri kerajinan ini.

Pada kesempatan itu, Mellani Subarni yang juga istri dari Bustami Hamzah Pj Gubernur Aceh, menyampaikan apresiasinya terhadap kerja keras dan dedikasi para pengrajin songket di Gampong Krueng Kale.

Ia mengatakan seputar pentingnya upaya mereka dalam meneruskan keahlian tersebut, hingga kepada anak dan menantu mereka, sebagai bentuk pelestarian warisan budaya Aceh.

“Kami sangat mengapresiasi usaha keras para pengrajin songket di Gampong Krueng Kale. Bahkan, mereka telah menurunkan keahliannya kepada anak dan menantunya. Kerajinan ini bukan hanya tentang ekonomi, tetapi juga tentang melestarikan budaya dan identitas kita sebagai orang Aceh,” ujarnya.

Sementara itu, Cut Rezky Handayani menambahkan bahwa kunjungan ini juga merupakan bentuk dukungan dari TP PKK Aceh Besar dalam mempromosikan dan mengembangkan produk lokal.

“Kami berharap dengan adanya perhatian dan dukungan dari berbagai pihak, kerajinan songket Aceh dapat semakin dikenal luas dan menjadi kebanggaan kita semua,” katanya.

Darliana, sebagai salah satu pengrajin yang menerima kunjungan ini, menyampaikan rasa terima kasihnya atas perhatian yang diberikan.

“Kami sangat berterima kasih atas kunjungan dan perhatian dari TP PKK Aceh dan TP PKK Aceh Besar. Semoga ini dapat menjadi motivasi bagi kami untuk terus berkarya dan memajukan kerajinan songket,” ungkap Cut Rezky yang juga istri Pj Bupati Aceh Besar.

Kunjungan ini diakhiri dengan sesi peninjauan proses pembuatan songket, di mana Mellani Subarni dan Cut Rezky Handayani berkesempatan melihat secara langsung tahap-tahap pembuatan kain songket yang rumit dan memerlukan ketelitian tinggi.

Kedua wanita itu juga berkesempatan mencoba menenun songket, yang menjadi momen istimewa bagi para pengrajin setempat.

Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan kerajinan songket di Gampong Krueng Kale dapat semakin berkembang dan mendapat perhatian lebih dari pemerintah serta masyarakat luas.

Kunjungan tersebut turut didampingi oleh Ketua TP PKK Kecamatan Darussalam Nailis Sa’dah SPd I, Keuchik Krueng Kale Akhiar Amd, Ketua TP PKK Gampong Irmawati SE, serta pengurus Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Kabupaten Aceh Besar.(Slm)

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI