Festival Panen Kopi Gayo 2024 Digelar di Lima Desa Aceh Tengah dan Bener Meriah

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH
Festival Panen Kopi di Dataran Tinggi Gayo

TAKENGON, KABARACEHONLINE.COM: Festival Panen Kopi Gayo, kembali digelar di lima desa dua Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah. Sebelumnya berlangsung di tiga desa, tahun ini digelar di lima Desa.  Untuk Aceh Tengah,  di Desa Kelitu, (13-14 Juli 2024), Desa Bukit Sama (20-21 Juli 2024) dan Desa Blang Gele (27-28 Juli 2024) sementara untuk di Kabupaten Bener Meriah, berlangsung di Desa Delung Tue (10-11 Agustus 2024).

Inisiator Panen Kopi Gayo, Hardiansyah Ay menyebutkan Festival Panen Kopi Gayo ini tahun didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, program Dana Indonesiana melalui komunitas Gayo Kultural Lab.

Festival ini telah diselenggarakan sejak tahun 2017 di Dataran Tinggi Tanah Gayo ini menyuguhkan berbagai bentuk atraksi kesenian tradisional, ritual tradisi, atraksi kopi, workshop kebun dan kopi, pasar kopi dan kuliner, permainan tradisional dan pagelaran Jazz Panen Kopi.

Festival ini bukan hanya merupakan momen perayaan bagi masyarakat yang telah bekerja keras untuk menghasilkan biji kopi berkualitas tinggi tapi juga sebagai media pengembangan dan peningkatan kapasitas masyarakat yang diikutsertakan dalam membangun kebudayaannya melalui potensi-potensi yang mereka miliki di Desa, baik potensi kebudayaan, pertanian, pariwisata dan lainnya yang tersedia di desa.

“Keterlibatan mereka dimulai dari perencanaan, pengembangan dan pemanfaatan potensi yang mereka miliki dengan festival sebagai media pembangunan desa melalui jalur kebudayaan dan pariwisata” jelas Hardiansyah.

“Semoga festival ini dapat menjadi alat pengembangan desa dengan memunculkan potensi-potensi yang ada di desa, sehingga dapat berdampak baik dalam peningkatan kesejahteran dan sumberdaya masyarakat” ujarnya.

Hardiansyah menerangkan, dengan bertambahnya jumlah desa,  gerakan ini  kita harapkan dapat memberi stimulus gerak majunya pembangunan  kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah melalui aktivasi desa-desa,  melalui jalur kebudayaan dan pariwisata.

“ Kami juga berharap pemerintah setempat dapat terlibat aktif dalam gerakan ini, yang mana sudah terlaksana sebanyak tujuh kali sejak tahun 2017, sebab maju kabupaten sangat ditentukan dari majunya desa-desa yang ada dikawasannnya, tentu ini adalah  PR kita bersama.”harap Hardiansyah.

Berbagai Lomba juga meramaikan Pagelaran Festival warga  ini di Lima Desa, yakni Lomba Didong Gayo, Lomba Perahu Tradisional dan Lomba Foto bertema Festival Panen Kopi Gayo dengan hadiah menarik.

Selain itu, Festival Panen Kopi Gayo juga menjual paket bagi wisatawan yang ingin merasakan keseruan Festival ini di lima Desa, wisatawan dapat membeli paket tersebut melalui website atau melalui media sosial Festival Panen Kopi. (REL)

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI