Hari Pertama Masuk Sekolah, Kadis Kominfo Aceh Besar Sapa Murid SD

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Aceh Besar, Khairul Huda, SKom, MM, menyapa murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) Lamteubee, SDN Cot Keueeng dan SDN Lambunot yang sedang mengikuti Masa Pengenalan Sekolah (MPLS) di sekolah masing-masing, Senin, 15 Juli 2024. (Foto/ MC Aceh Besar)

KOTA JANTHO, KABARACEHONLINE.COM; Di hari pertama masuk sekolah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Aceh Besar, Khairul Huda, SKom, MM, menyapa murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) Lamteubee, SDN Cot Keueeng dan SDN Lambunot yang sedang mengikuti Masa Pengenalan Sekolah (MPLS) di sekolah masing-masing, Senin (15/7/2024).

Menurutnya, MPLS penting untuk dilaksanakan dalam rangka penerimaan siswa baru di sekolah untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.
“Program ini penting, sebagai perkenalan siswa dengan lingkungan sekolah. Tentu saja harapan besar dari program ini ialah bagaimana siswa dapat belajar dengan nyaman dan aman di sekolah,” katanya.

Selain itu, kata Khairul Huda, MPLS juga bertujuan memperkenalkan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan sekolah serta memberikan informasi tentang cara-cara menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan sekolah. Hal ini sangat penting agar siswa dapat memahami tanggung jawab mereka dalam menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan sekolah.
“Oleh karena itu, MPLS merupakan kegiatan yang sangat penting bagi siswa dalam memulai proses pembelajaran di sekolah,” ucap Kadis Kominfo Aceh Besar.

Ia juga mengatakan, MPLS tersebut menjadi bagian penting dalam pendidikan karakter murid. Selain memperkenalkan diri dengan siswa lain, saat inilah waktu yang tepat bagi guru untuk mengetahui potensi yang dimiliki oleh siswa. Karakter merupakan sifat yang dimiliki siswa, jadi tidak mungkin untuk dirubah, namun sekolah memberikan indikator-indikator perubahan, sehingga siswa sendiri yang akan melakukan perubahan.

“Karakter itu salah satu sifat yang tidak mungkin kita rubah, namun dengan MPLS sekolah terus memberikan indikator perubahan sampai pada tahapan siswa tersebut bisa menyimpulkan hal yang menurutnya salah dan benar, jadi secara terus menerus akan kita berikan indikator tersebut,” terangnya.

Sementara itu, Kepala SDN Cot Keueeng, Nazaruddin, SPd I, mengatakan, MPLS sangat penting untuk dilaksanakan, agar siswa baru mengenali siapa gurunya, temannya dan lingkungan sekolah. Selain itu, MPLS itu bertujuan mengenali potensi peserta didik baru melalui profil peserta didik yang terdiri dari identitas, riwayat kesehatan, potensi/bakat, sifat/perilaku dan profil orang tua/wali.

“Juga untuk menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif untuk peserta didik,” pungkasnya. (Slm)

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI