Wakili Aceh, Posyantek Naturi Aceh Besar Raih Juara Favorit Nasional

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH
Ketua Posyantek Naturi Faisal menerima Piagam Lencana Satya Inovasi Desa dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia di Lapangan Islamic Center Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin, 15 Juli 2024. (Foto/ MC Aceh Besar)

JAKARTA, KABARACEHONLINE.COM: Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) Naturi, Gampong Teubang Phui, Kecamatan Ingin Jaya Aceh Besar berhasil meraih Juara Favorit Nasional pada Lomba Teknologi Tepat Guna Nasional (TTGN) ke-25 di Lapangan Islamic Center Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (15/7/2024).

Ketua Posyantek Naturi Faisal juga menerima Piagam Lencana Satya Inovasi Desa dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Mendesa PDTT RI, Halim Iskandar mengatakan, Teknologi Tepat Guna (TTG) merupakan bagian dari implementasi Sustainable Development Goals (SDGs) Desa Ke-9. Implementasi SDGs Desa ke-9 yang dimaksud adalah infrastruktur dan inovasi sesuai kebutuhan yang titik tumpunya pada teknologi.

Ini diperlukan untuk mengoptimalkan pendayagunaan seluruh aspek sumber daya lokal baik alam, manusia, teknologi, dan sosial secara berkelanjutan. Hal itu menunjukkan bahwa TTG adalah kunci penting dalam membangun desa untuk membawa pada status maju hingga mandiri,” katanya pada saat membuka TTG ke-25 itu.

Sementara, Kepala Badan Pengembangan Informasi (BPI) Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) Ivanovich Agusta mengatakan, keterkaitan TTG dengan SDGs Desa adalah SDGs Desa ke-9, yaitu infrastruktur dan inovasi desa sesuai kebutuhan. “Tahun ini, Gelar TTG ke-25 sekaligus bertepatan dengan perayaan Hari SDGs Desa pada 14 Juli 2024,” ujarnya.

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh Besar Carbaini S.Ag, mengaku bangga atas partisipasi Posyantek Aceh Besar hingga ke kancah Nasional.

Ini suatu kebanggaan bagi Aceh Besar, melalui karya pemuda-pemudi Aceh Besar dengan kreatifitas dan inovasinya, kita terus maju dan membawa harum nama daerah hingga sejauh ini,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, prestasi yang diraih tidak lepas dari arahan dari Pj Bupati Aceh Besar untuk benar-benar serius mempersiapkan duta-duta untuk tingkat Nasional, serta dukungan dari semua elemen.

Sementara itu, Ketua Posyantek Naturi, Faisal mengucapkan rasa syukur yang mendalam atas capaian tersebut, Ia mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Pj Bupati Aceh Besar, Sekda Aceh Besar, Kepala DPMG, Camat Ingin Jaya, Keuchik Gampong Teubang Phui serta Pengurus Posyantek san Masyarakat Teubang Phui, yang telah memberikan arahan, bimbingan, mendampingi hingga mendukung setiap program posyantek selama ini.

“Kami sangat berterima kasih, atas bimbingan, pendampingan hingga dukungan yang diberikan selama ini, setiap proses yang sungguh-sungguh akan mencapai hasil yang membanggakan juga,” tutur Faisal.

Ketua Posyantek Naturi, Faisal didampingi Kepala DPMG Provinsi Aceh usai menerima Piala Juara Favorit Nasional pada Lomba Teknologi Tepat Guna Nasional (TTGN) ke-25 di Lapangan Islamic Center Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). (Slm)

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI