Aceh Besar Peringati Hari Anak Nasional dan Hari Koperasi

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH
Pj. Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM pada Upacara Peringatan Hari Anak Nasional ke-40, sekaligus dirangkai dengan Hari Koperasi Indonesia ke-77 tahun 2024 di halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Selasa, 23 Juli 2024. (Foto/ MC Aceh Besar)

Kota JANTHO, KABARACEHONLINE.COM: Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM bertindak selaku Inspektur Upacara Peringatan Hari Anak Nasional ke-40, sekaligus dirangkai dengan Hari Koperasi Indonesia ke-77 tahun 2024 di halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Selasa (23/7/2024).

Hadir dalam kesempatan itu, Sekdakab Aceh Besar Drs Sulaimi MSi, Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekdakab, Kepala OPD, ASN, tenaga kontrak dalam jajaran Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, serta para siswa

Dlam sambutannya, Muhammad Iswanto mengemukakan, tema Hari Anak Nasional ke-40 ini adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju dengan sub tema “Anak Merdeka dari Kekerasa, Perkawinan Anak, Pekerja Anak, dan Stunting”.

Dikatakannya, peringatan Hari Anak Nasional tahun 2024 menjadi momentum untuk meningkatkan kepedulian semua pilar bangsa Indonesia, baik orangtua, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media massa, dan pemerintah terhadap pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak.

“Anak merupakan potensi dan penerus cita-cita perjuangan bangsa yang memiliki peran strategis dan mempunyai ciri serta sifat khusus yang memerlukan perlindungan dalam rangka menjamin pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental, dan sosial secara utuh,” katanya.

Oleh karena itu, semakin baik kepribadian anak saat ini, maka semakin baik pula kehidupan masa depan bangsa. Namun sebaliknya, apabila kepribadian anak buruk, maka buruk pula nasib mereka di masa yang akan datang.

Pada bagian lain, Iswanto mengatakan, persoalan yang muncul saat ini di dunia anak, termasuk angka stunting. Hal ini harus menjadi fokus dan perhatian kita semua dan bergerak bersama untuk membebaskan anak-anak dari persoalan tersebut.

Untuk itu, ia berharap semua organisasi perangkat daerah tetap membangun konvergensi, kolaborasi, dan sinergi untuk terus melakukan aksi dan intervensi percepatan penurunan angka stunting.

Terkait dengan peringatan Hari Koperasi Indonesia, Pj Bupati Aceh Besar itu mengungkapkan, peran koperasi menjadi sangat penting untuk melengkapi ekosistem usaha rakyat agar dapat tumbuh dan berkembang.

Muhammad Iswanto melanjutkan, koperasi di tengah impitan krisis dan serba ketidakpastian hari ini, harus semakin ‘egile’ yakni memiliki kemampuan adaptasi yang lebih cepat, lebih inovatif, dan lebih akuntabel, sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar kepada anggota dan lingkungannya. “Koperasi Indonesia telah membantu memberikan kepastian kepada pelaku UMKM untuk terus tumbuh di tengah ketidakpastian ekonomi yang terjadi,” ujarnya.

Di akhir kegiatan, Pj Bupati Muhammad Iswanto didampingi pejabat terkait lainnya menyerahkan penghargaan hasil penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Pemerintah Daerah yang diberikan Ombudsman Republik Indonesia tahun 2023 periode penilaian Juni hingga Oktober 2023, masing-masing diterima oleh Puskesmas Darul Kamal, Dinas Sosial, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Puskesmas Lhoknga, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Kesehatan, serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. (Slm)

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI